//

STABILISASI TANAH LEMPUNG DESA COT BAGIE KECAMATAN BLANG BINTANG DENGAN MENGGUNAKAN PASIR NATURAL BENTONITE TERHADAP NILAI PEMADATAN TANAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SAYED FADHYL AL I - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Dalam pengertian teknik, tanah merupakan sebagai suatu material terdiri dari agregat mineral-mineral padat yang tidak tercemar (terkadung secara kimia) satu sama lain dari bahan-bahan organik yang telah menfosil (yang berpartikel padat) di sertai zat gas dan zat cair yang memenuhi ruang-ruang yang kosong di antara partikel padat tersebut.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui stabilisasi penambahan pasir natural bentonite. sebagai bahan terhadap nilai kepadatan tanah lempung Desa Cot Bagie Kecamatan Blang Bintang. Metode penelitian ini melalui pengujian dimulai dengan memeriksa sifat-sifat fisis tanah yang meliputi pengukuran berat jenis, pengukuran batas cair, pengukuran batas plastis dan pembagian butir, sedangkan pemeriksaan sifat mekanis tanah yang meliputi pemadatan. Adapun hasil dari penelitian ini memperoleh nilai sifat fisis tanah tanpa campuran yaitu berat jenis 2,54, batas cair 65,28% batas plastis 34,43%, dan lolos saringan no.200 66,92% sampel yang di uji menurut klasifikasi AASTHO tergolong jenis tanah kelompok A-7-5 (21) menurut sistem klasifikasi USCS hanya sampel uji tanpa campuran tergolong dalam lempung anorganik dengan plastisitas tinggi, lempung gemuk (CH) Adapun hasil pengujian pemadatan tanah yaitu: nilai optimum(OMC) asli sebesar 20,80%, pada 2% sebesar 22,80%, pada 4% sebesar 23,00% dan pada 6% sebesar 28,70%. pada hasil pengujian proctor menghasilkan volume kering pada tanah asli sebesar 1,392 gr/cm 3 , pada 2% sebesar 1,604 gr/cm 3 , pada 4% sebesar 1,562 gr/cm 3 , dan pada 6% sebesar 1,640 gr/cm 3 . Uji pemadatan menyimpulkan bahwa bertambahnya % untuk campuran dengan pasir natural bentonite dalam tanah menyebabkan peningkatan nilai berat isi kering maksimum pada tanah dan juga peningkatan kadar air optimumnya. Kata Kunci: Pasir Natural Bentonite, pemadatan, tanah lempung.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENAMBAHAN NATURAL BENTONITE TERHADAP NILAI CBR TANAH LEMPUNG DESA COT BAGIE KECAMATAN BLANG BINTANG (MUHAZIR MUKHTAR, 2019)

STABILISASI TANAH LEMPUNG DESA COT BAGIE KECAMATAN BLANG BINTANG DENGAN MENGGUNAKAN PASIR NATURAL BENTONITE TERHADAP PARAMETER PENGUJIAN DIRECT SHEAR (FIKRI HAMDANI, 2019)

PENGARUH PENAMBAHAN PASIR NATURAL BENTONITE TERHADAP NILAI SIFAT-SIFAT FISIS TANAH LEMPUNG DESA COT BAGIE KECAMATAN BLANAG BINTANG (FITRA RAHMADIANTO, 2019)

KAJIAN MOTIVASI PENDIRIAN PERUSAHAAN JASA KONSULTAN KUALIFIKASI MENENGAH DI KOTA BANDA ACEH (Mayna Ardita, 2018)

PENGARUH PENAMBAHAN SERBUK CANGKANG TELUR TERHADAP NILAI CBR TANAH LEMPUNG DESA COT BAGIE KECAMATAN BLANG BINTANG (Musfirah, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy