//

PEMBELAJARAN MATERI BANGUN DATAR MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KELAS VII SMP NEGERI 2 DARUL IMARAH ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nadiatul Firda - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Hasil belajar pada pembelajaran matematika peserta didik dapat dipengaruhi dari beberapa macam faktor, antara lain model dan metode yang diterapkan guru. Salah satu cara agar masalah dapat teratasi yaitu menggunakan model yang dapat diterapkan agar lebih baik. Suatu model yang bisa digunakan adalah model pembelajaran PBL yang mana pada model ini mengajurkan peserta didik agar dapat bekerja sama dengan efektif, bersikap kritis, cermat serta teliti dalam menyelesaikan masalah, menunjukan rasa keingintahuan, termotivasi dan menimbulkan rasa nyaman, senang dan pecaya diri ketika memecahkan sebuah permasalahan yang jelas. Model ini dapat diimplementasikan pada materi bangun datar, sehingga peserta didik mampu memecahkan permasalahan yang ada. Penelitian ini mengangkat permasalahan apakan hasil belajar peserta didik dengan menerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi bangun datar dapat melebihi KKM di SMP Negeri 2 Darul Imarah?. Adapun jenis penelitian yang diterapkan adalah pre-experimental design dengan jenis desain one shot case study, melalui pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 2 Darul Imarah. Pengambilan sampel diambil secara random (acak) sehingga terpilih kelas VII-A yang berjumlah siswa 19 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan tes akhir setelah pembelajaran. Data tes akhir hasil belajar tersebut dianalisis dengan menggunakan uji-t pihak kanan dengan taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan(dk) = (n-1)=(19-1)=18, dan diperoleh t(0,95)(18)=1,734. Kriteria sebuah pengujian adalah tolah H0 jika t ≥ t (1-α) dan diterima H0 dalam hal lainnya. Oleh karena t ≥ t(1-α) yaitu 4,57>1,73 maka H0 ditolak, dan H1 diterima. Berdasarkan hal ini maka dapat kita simpulkan bahwa hasil belajar peserta didik menggunakan model PBL pada materi bangun datar di kelas VII SMP Negeri 2 Darul Imarah dapat melebihi KKM pembelajaran.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH (RIZKA, 2015)

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS V SD NEGERI GAROT ACEH BESAR (Yuni Yanti, 2015)

PEMBELAJARAN MATERI BANGUN DATAR MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KELAS VII SMP NEGERI 2 DARUL IMARAH ACEH BESAR (Nadiatul Firda, 2019)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (masyithah, 2016)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN KONTEKS PERPISAHAN SEKOLAH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO (NIKE BELLINA BR G, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy