//

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PENYELESAIAN SOAL-SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI GELOMBANG BUNYI PADA SMA NEGERI 1 DARUL IMARAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hikmah Fitri - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan pemikiran yang menuntut siswa untuk menyelesaikan suatu masalah dan menuntut siswa untuk berfikir secara lebih kompleks,dan penyelesaian masalah dapat menggunakan pendekatan yang berbeda-beda dan soal permasalahan yang ada berbeda dengan contoh soal yang diberikan. Problem based learning merupakan salah satu upaya yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal HOTS. Problem based learning merupakan pembelajaran yang tidak hanya memfokuskan siswa dalam pembelajaran saja tetapi dengan menggunakan model ini juga dapat mengarahkan siswa dalam berfikir dan juga dalam pemecahan masalah. Hal tersebut berupakan salah satu tipe belajar tingkat tinggi. Peneliti mengangkat rumusan masalah bagaimanakah pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan siswa dalam mengerjakan soal-soal HOTS. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal HOTS. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan posttest-only design with nonequivalent group.. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 di SMA Negeri 1 Darul Imarah dengan jumlah sampel 20 orang. Pengumpulan data dengan pemberian tes. Data diolah dengan menggunakan uji t satu pihak yaitu pihak kanan,dengan taraf signifikan α = 0,05 hasil yang di peroleh adalah t_tabel=1,68 sedangkan t_(hitung )=1,76 jadi t_hitung>t_(tabel ) atau 1,76 > 1,68. Oleh karena itu t_hitung berada dalam penerimaan H_a, akibatnya tolak H_o, maka demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Problem Based Learning (PLB) terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal HOTS pada materi Gelombang Bunyi di SMA Negeri 1 Darul Imarah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS VALIDITAS, RELIABILITAS DAN TINGKAT KESUKARAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) BUATAN GURU FISIKA SMA NEGERI 1 GANDAPURA (M. Agus Siddiq, 2019)

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL MELALUI PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DI KELAS VII (RIZQA PUTRI, 2018)

THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013)

THE USE OF THINK PAIR SHARE (TPS) TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS' CRITICAL THINKING IN READING SKILL (RAHMA APRILIA ISA, 2018)

ANALISIS HOTS MENGGUNAKAN TWO-TIER MULTIPLE CHOICE PADA MATERI GERAK SISWA KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 1 DARUL IMARAH (Nanda Riasuryani, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy