//

PENGARUH MODEL PERAIHAN KONSEP TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Siti Farada Ahyu - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
BIOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Pada penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran peraihan konsep terhadap keterampilan proses sains siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan metode Pre – Experimental Design.SMA Negeri 1 Peukan Bada menjadi populasi tempat dilakukannya penelitian, dengan sampelnya yaitu kelas X mia – 1 yang diambil dengan teknik random sampling. Pada penelitian ini, instrumen yang digunakan berupa non tes yaitu melalui lembar observasi untuk melihat keterampilan proses sains siswa dalam kegiatan proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dihitung dengan mencari persentase dari keterampilan proses sains. Diperoleh persentase keterampilan proses sains terus meningkat dari pertemuan pertama hingga pertemuan ketiga. Pada pertemuan pertama besarnya persentase sebesar 54,66 % yang dikategorikan cukup, pada pertemuan kedua sebesar 76,66 % yang dikategorikan baik, sedangkan pada pertemuan ketiga sebesar 84,47 % dengan kategori sangat baik, sehingga keterampilan proses sains siswa terus mengalami peningkatan setelah diterapkannya model peraihan konsep. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh model peraihan konsep terhadap keterampilan proses sains siswa di SMAN 1 Peukan Bada.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASEDLEARNING (PJBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Maulizar, 2017)

PENGARUH PENERAPAN MODEL CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, KETERAMPILAN PROSES SAINS, DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI METABOLISME (Nazar Muhammad, 2014)

KENDALA-KENDALA YANG DIHADAPI GURU DALAM PEMBELAJARANRNSAINS DI SD NEGERI GUGUS LAM AWERNKECAMATAN PEUKAN BADA (Rahimi Izati, 2014)

PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VRNSD NEGERI 2 PEUKAN BADA (MAILA PUSPITA SARI, 2015)

PENERAPAN DIRECT INSTRUCTIONS BERBANTUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN (Rosmalina, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy