//

PERKEMBANGAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL WARNA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN METODE EKSPERIMEN DI TK DARUR RAHMAN GAMPONG CEURIH, KECAMATAN ULEE KARENG,KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MIRNAZELLI QALISHA - Personal Name
SubjectCHILDREN - DEVELOPMENT - HUMAN PHYSIOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Qalisha. Mirnazelli. 2019. (Perkembangan Kemampuan Anak Mengenal Warna melalui Metode Pembelajaran Eksperimen di TK Darur Rahman Kota Banda Aceh). Skripsi, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Israwati, M. Si. (2) Dra. Yuhasriati, M. Pd Kata kunci: Mengenal Warna, Pembelajaran, Metode Eksperimen, Pendidikan Anak Usia Dini. Kemampuan anak mengenal warna perlu dikembangkan. Salah satu metode yang digunakan adalah metode eksperimen pencampuran warna. Pembelajaran dengan metode eksperimen memberikan pembuktian langsung kepada anak dengan melakukan pengenalan warna secara langsung. Pengenalan warna pada anak dengan pencampuran bahan dari kertas crap dengan gelas plastik dengan di isi air bersih. Masalah yang dijumpai berdasarkan observasi awal di TK Darur Rahman Kota Banda Aceh kelompok B, diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran eksperimen belum perna dilakukan 10 anak perkembangan kognitif terutama dalam mengenal warna masih belum berkembang, dimana ada beberapa anak tidak dapat membedakan warna dan tidak dapat menyebutkan warna. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perkembangan kemampuan anak mengenal warna melalui pembelajaran dengan metode eksperimen di TK Darur Rahman Kota Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskripsi. Penelitian dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan yaitu pada kelompok B, dengan anak berusia 5-6 tahun berjumlah 10 orang anak. Hasil yang didapatkan bahwa melalui pembelajaran dengan metode eksperimen perkembangan kemampuan anak mengenal warna dinyatakan berhasil, yaitu mampu membedakan warna dasar yaitu biru, merah dan kuning. Dapat menyebutkan warna baru dari pencampuran dua warna dasar. Perkembangan anak mengenal warna dengan metode eksperimen dikategorikan berkembang sangat baik sebanyak 7 dari 10 orang anak, dimana anak mampu mengenal dan menyebutkan warna. Kesimpulannya anak mampu menyebutkan, mengenal dan melakukan percobaan warna setelah bereksperimen.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TEKA-TEKI DI TK DARUR RAHMAN BANDA ACEH (NURLAILI, 2018)

KAJIAN PERKEMBANGAN KAWASAN PINGGIRAN KOTA (URBAN FRINGE) BANDA ACEH(STUDI KASUS : KECAMATAN BANDA RAYA, LUENG BATA DAN ULEE KARENG) (Maya Sari, 2014)

TANGGAPAN KELUARGA DENGAN PEREKONOMIAN BAIK TENTANG PENDIDIKAN TINGGI BAGI ANAK DI GAMPONG CEURIH KECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH (Khaulia Mawaddah, 2018)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU MEROKOK KEPALA KELUARGA DI GAMPONG CEURIH KECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH TAHUN 2014 (Hamdeska Ranggayo, 2014)

PERKEMBANGAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL HURUF HIJAYYAH MELALUI PENERAPAN MEDIA SPOON PUPPET DI TPA DARUL FALAH GAMPONG PINEUNG BANDA ACEH (AYU RISKA AMALIA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy