//

UNSUR SEJARAH DAN BUDAYA DALAM NOVEL KURA-KURA BERJANGGUT KARYA AZHARI AIYUB

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SUCI TRIMAFIKA - Personal Name
SubjectNOVELS - HISTORY AND CRITICISM
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Suci Trimafika. 2019. Unsur Sejarah dan Budaya dalam Novel Kura-Kura Berjanggut Karya Azhari Aiyub. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: Dr. Mohd. Harun, S. Pd., M. Pd., Herman R, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: unsur sejarah dan budaya, novel, new historicsm Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Unsur sejarah apa sajakah yang terdapat dalam novel Kura-Kura Berjanggut karya Azhari Aiyub, dan (2) Unsur budaya apa sajakah yang terdapat dalam novel Kura-Kura Berjanggut karya Azhari Aiyub dan tujuan penelitian ini adalah (1) menggambarkan unsur sejarah yang terdapat dalam novel Kura-Kura Berjanggut karya Azhari Aiyub dan (2) menggambarkan unsur budaya yang terdapat dalam novel Kura-Kura Berjanggut karya Azhari Aiyub. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah hermeneutik dengan pendekatan new historicsm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel Kura-Kura Berjanggut terdapat unsur sejarah what (apa) sebagai wujud peristiwa, who (siapa) sebagai tokoh, when (kapan) sebagai latar waktu terjadinya, why (mengapa) sebagai sebab terjadinya, where (dimana) sebagai lokasi terjadinya dan how (bagaimana) sebagai proses terjadinya peristiwa sejarah. Adapun unsur budaya yakni sistem ekonomi, sistem pengetahuan, sistem teknologi, sistem bahasa, sistem sosial, sistem agama dan seni. Hasil penelitian tersebut disandingkan dengan unsur sejarah dan budaya dalam buku-buku sejarah. Dari pembahasan yang dilakukan diketahui bahwa unsur sejarah dan budaya tersebut sesuai dengan unsur sejarah dan budaya yang disebutkan pada buku-buku sejarah. Dengan demikian novel Kura-Kura Berjanggut karya Azhari Aiyub sarat dengan unsur-unsur sejarah dan budaya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DETEKSI SALMONELLA SP PADA SALURAN PENCERNAAN KURA-KURA AMBON (CUORA AMBOINENSIS) (KARUNITA DEWI, 2019)

ISOLASI SALMONELLA SP PADA AIR TEMPAT PEMELIHARAAN KURA-KURA AMBON (CUORA AMBOINENSIS) (Feby Fema Amzani Nasution, 2019)

REPRESENTASI BUDAYA DALAM NOVEL PUTROE NENG KARYA AYI JUFRIDAR (Ichsan Mantovani, 2018)

PERANCANGAN MUSEUM ACEH DI BANDA ACEH (TEMA : MOVEMENT IN HISTORY) (Mustanirah, 2017)

ANALISIS UNSUR CINTA DALAM NOVEL TEMPAT PALING SUNYI KARYA ARAFAT NUR (Uswatul Khairi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy