//

ANALISIS PENGUKURAN KINERJA KOPERASI SYARIAH BERDASARKAN BALANCED SCORECARD (STUDI PADA KOPERASI SYARIAH BAITURRAHMAN BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hanif Syah Reza Funna - Personal Name
SubjectPERFORMANCE RATING - PERSONNAL MANAGEMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Koperasi Syariah Baiturrahman berdasarkan metode balanced scorecard. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode pengumpulan data dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis Balanced Scorecard. Responden dalam penelitian ini adalah 93 anggota koperasi dan 14 karyawan koperasi. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan balanced scorecard, perspektif keuangan memperoleh nilai di setiap rasio, yaitu rasio lancar 25, Total Hutang terhadap Total Aset Rasio 0, dan Return On Asset 25 yang menunjukkan kinerja buruk di koperasi perspektif keuangan. Dalam perspektif pelanggan, retensi pelanggan telah meningkat sebesar 24%, tingkat akuisisi pelanggan telah meningkat sebesar 10%, serta tingkat kepuasan pelanggan yang memiliki skor 4,0 yang menunjukkan kinerja pelanggan yang baik. Dalam perspektif proses bisnis internal, proses inovasi mendapat skor 4,6, proses operasi mendapat skor 4,7, dan layanan purna jual yang baik menunjukkan kinerja perspektif proses bisnis internal yang baik. Dalam perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, produktivitas karyawan meningkat, hasil retensi karyawan menunjukkan bahwa perusahaan dapat meminta pertanggungjawaban karyawan, dan kepuasan karyawan yang skor 4,6 menunjukkan kinerja dalam perspektif pembelajaran dan pertumbuhan koperasi yang baik. Secara keseluruhan, keempat perspektif menunjukkan kategori baik kecuali dalam perspektif finansial. Kata Kunci: Kinerja Koperasi Syariah, Balanced Scorecard, Koperasi Syariah Baiturrahman   ABSTRACT This study aims to determine the performance of Baiturrahman Sharia Cooperative based on the balanced scorecard method. This research is descriptive with the method of collecting data documentation, interviews, and questionnaires. The analysis used is the Balanced Scorecard analysis. The respondents in this study were 92 cooperative members and 14 cooperative employees. Based on the results of the study using the balanced scorecard, the financial perspective obtained values in each ratio, namely the current ratio of 25, Total Debt to Total Asset Ratio of 0, and Return On Asset of 25 which showed poor performance in the cooperative financial perspective. In the customer perspective, customer retention has increased by 24%, the level of customer acquisition has increased by 10%, as well as the level of customer satisfaction which has a score of 4.0 which shows good customer performance. In the perspective of internal business processes, the innovation process gets a score of 4.6, the operating process gets a score of 4.7, and good after-sales service shows the performance of a good internal business process perspective. In the perspective of learning and growth, employee productivity increases, the results of employee retention indicate that the company can hold employees accountable, and employee satisfaction which scores 4.6 which shows performance in the perspective of learning and growth is good. Overall, the four perspectives show good categories except in a financial perspective. Keywords: Sharia Cooperative Performance, Balanced Scorecard, Baiturrahman Sharia Cooperative  

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) NOMOR 105 TENTANG PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL(STUDI EMPIRIS PADA KOPERASI SYARIAH DI ACEH BESAR) (LIZA ADELINA, 2019)

ANALISIS PERBEDAAN MODAL KERJA, AKTIVITAS DAN RENTABILITAS EKONOMI ANTARA KOPERASI SIMPAN PINJAM SYARIAH DAN KOPERASI SIMPAN PINJAM KONVENSIONAL DI BANDA ACEH (melvi devanti alfian, 2013)

ANALISIS KINERJA KOPERASI DENGAN MENGGUNAKAN PENGUKURAN DEVELOPMENT LADDER ASSESSMENT DAN INDIKATOR KESEHATAN KOPERASI (STUDI KASUS PADA KOPERASI DI KOTA BANDA ACEH DAN KABUPATEN ACEH BESAR) (Donni Deiriadi, 2017)

PENGUKURAN KINERJA PDAM DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA BENGI KABUPATEN BENER MERIAH) (Inda Harisa Fintari, 2018)

EVALUASI KINERJA PELAYANAN E-GOVERNMENT DENGAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD PADA KANTOR PELAYANAN PERIZINAN TERPADU SATU PINTU (KPPTSP) KOTA BANDA ACEH (M. RIZAL AKBAR, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy