//

ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL PADA BUDIDAYA JAMUR TIRAM (PLEUROTUS TREATUS) MELALUI PEMANFAATAN INSTALASI KABUT DI DESA LIMPOK ACEH BESAR.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Juli Ismulia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Jamur tiram atau kulat dalam bahasa aceh merupakan jamur yang dapat dikonsumsi biasa tumbuh pada batang kayu yang telah lapuk. Jamur secara potensial dapat dibudidayakan karena kebutuhan konsumsi terus meningkat sedangkan persediaan di alam terbatas. Saat ini, tren dan inovasi budidaya jamur semakin berkembang, salah satunya dengan menggunakan teknologi instalasi kabut.Teknologi ini berfungsi untuk mengontrol kelembaban kumbung yang efektif dan efisien bagi pertumbuhan dan perkembangan jamur.Makalah ini bertujuan menganalisis aspek kelayakan finansial budidaya jamur tiram dengan menggunakan teknologi tersebut.Tingkat suku bunga sebagai landasan dalam penentuan diskon faktor adalah 7 % per tahun berdasarkan KUR suku bunga pada bank yang diasumsikan konstan hingga periode proyek bisnis berakhir.Metode analisis dengan menggunakan model kriteria investasi dengan menggunakan umur ekonomis usaha selama 10 tahun.Hasil analisis menunjukkan bahwa usaha budidaya jamur tiram dengan teknologi instalasi kabut secara finansial layak untuk dijalankan. Perhitungan besaran hasil penerimaan usaha diperoleh nilai net present value sebesar Rp. 80.316.851, rasio net benefit per cost adalah 3,9, nilai internal rate of return adalah 56%, nilai-nilai break event point terhadap produksi dan harga masing-masing adalah 7.320 Kg dan Rp. 28.153, dengan masa pengembalian biaya investasi adalah 1 tahun 6 bulan. Analisis sensitivitas menunjukkan bahwa bisnis budidaya jamur tiram dengan instalasi kabut tetap layak untuk dijalankan apabila terjadi perubahan peningkatan biaya produksi sebesar 10 persen namun nilai produksi tetap, dan apabila terjadi penurunan produksi sebesar 10 persen namun biaya produksi tetap.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN USAHA BUDIDAYA JAMUR TIRAM PUTIH (STUDI KASUS : UPTD BALAI BENIH HORTIKULTURA SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR) (Muhammad Zaini, 2017)

ANALISIS BUDIDAYA USAHA JAMUR TIRAM PUTIH (PLEUROTUS OSTREATUS) DI UPTD BALAI BENIH HORTIKULTURA SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (M.DERI, 2017)

PENGOLAHAN JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEA) DAN JAMUR TIRAM PUTIH (PLEUROTUS OSTREATUS) SEBAGAI PENYEDAP RASA ALAMI (Miftahul Ikhsan, 2018)

UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK METANOL JAMUR TIRAM (PLEUROTUS OSTREATUS) BUDIDAYA LOKAL DENGAN METODE ABTS (2,2 AZINOBIS (3-ETHYLBENZOTHIAZOLINE)-6-SULFONIC ACID) (Nurul Mawari, 2019)

UJI AKTIVITAS EKSTRAK ETANOL DAUN PACAR KUKU (LAWSONIA INERMES) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI METHICILLIN RESISTANT STAPHYLOCOCCUS AUREUS (MRSA) (Nur Aini, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy