//

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI VOLUME IMPOR BAWANG PUTIH DI INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Sakinah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Bawang putih adalah salah satu rempah penting yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai bumbu masakan. Selain berfungsi sebagai bahan masakan bawang putih juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Karena perannya sebagai bumbu sangat essensial ketersediaan stok bawang putih menjadi suatu permasalahan yang perlu diperhatikan. Karena peninngkatan penduduk permintaan terhadap bawang putih semakin meningkat akan tetapi produksi bawang putih malah mengalami penurunan, Sehingga untuk memenuhi kebutuhan dan menjaga kestabilan harga pemerintah harus meningkatkan volume impor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi volume impor bawang putih di Indonesia serta menggambarkan perkembangan volume impor, harga bawang putih impor, harga bawang putih lokal, produksi bawang putih di Indonesia, serta kebijakan impor bawang putih. Penelitian ini menggunakan data skunder berbentuk runtun waktu dari tahun 2002 hingga 2017. Analis Faktor-faktor yang mempengaruhi volume impor dilakukan dengan persamaan regresi linier berganda menggunakan alat analisis OLS (Ordinary Least Square) dengan bantuan aplikasi SPSS. Sedangkan perkembangan volume impor, harga bawang putih impor, harga bawang putih lokal, produksi bawang putih di Indonesia kebijakan impor bawang putih dilakukan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa secara serempak variabel, harga bawang putih impor, harga bawang putih lokal, produksi bawang putih dan volume impor tahun sebelumnya berpengaruh nyata terhadap volume impor bawang putih. Secara parsial semua variabel berpengaruh nyata, kecuali harga bawang putih impor. Harga bawang putih lokal dan volume impor tahun sebelumnya berpengaruh positif sedangkan produksi bawang putih dalam negeri berpengaruh negatif. Dari hasil penelitian ini juga disimpulkan bahwa sejak tahun 2002 hingga 2017 volume impor, harga bawang putih impor dan harga bawang putih lokal memiliki tren meningkat sedangkan produksi bawang putih memiliki tren menurun. selam tahun 2002 hingga 2017 terdapat 2 kebijakan pemerintah dalam hal impor bawang putih yaitu penghapusan tarif impor di tahun 2004 dan wajib tanam sebanyak 5% dari jumlah bawang putih yang diimpor oleh importir di tahun 2017.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DAMPAK KEBIJAKAN IMPOR TERHADAP PRODUKSI BAWANG PUTIH DI PROVINSI ACEH (Rahmi Syarita, 2014)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPOR BERAS DI INDONESIA (Nurfiani Syamsuddin, 2013)

ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMSI BUAH IMPOR DI KOTA BANDA ACEH (YANTI DEWI, 2014)

UJI DAYA HAMBAT SEDIAAN GEL EKSTRAK ETIL ASETAT BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM LINN) TERHADAP BAKTERI STAPHYLOCOCCUS EPIDERMIDIS (Julia Astuty, 2016)

ANALISIS PENAWARAN BUAH-BUAHAN LOKAL DAN IMPOR(STUDY KASUS PADA PEDAGANG PENGECER)DI KOTA BANDA ACEH (Melda Yulisa, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy