//

ANALISIS KEPUASAN PETANI PADI SAWAH TERHADAP KINERJA PELAYANAN PENYULUH PERTANIAN DI BALAI PENYULUHAN PERTANIAN (BPP) SUKAMAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NORAWATI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Abstrak. Aceh Besar merupakan salah satu kabupaten penghasil padi di Provinsi Aceh dan sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani padi sawah. Tujuan penelitian untuk mengetahui kinerja pelayanan penyuluh pertanian melalui tingkat kepentingan dan tingkat kinerja dari atribut lima dimensi kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty) dan untuk mengetahui tingkat kepuasan petani padi sawah terhadap kinerja pelayanan penyuluh pertanian di BPP Sukamakmur yang di ukur berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan. Data yang diperoleh kemudian di analisis menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan analisis Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pelayanan penyuluh pertanian di BPP Sukamakmur kepada petani padi sawah masih belum baik. Berdasarkan diagram kartesius atribut kualitas pelayanan di BPP Sukamakmur yang menjadi prioritas utama dalam peningkatan kinerjanya terdapat pada Kuadran I yaitu: penyuluh aktif dan kreatif, menyampaikan informasi teknologi terbaru, mengundang petani untuk menghadiri pertemuan kelompok tani, dan praktek langsung dilapangan.Tingkat kepuasan petani padi sawah terhadap pelayanan penyuluh pertanian di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Sukamakmur yaitu sangat memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari nilai satisfaction index (indeks kepuasan) sebesar 82,62% atau 0,8262. Nilai tersebut didalam kriteria nilai CSI berada pada selang 0,81-1,00 yang berarti sangat memuaskan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS PENYULUHAN PERTANIAN TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (AFRINAWATI, 2016)

HUBUNGAN KARAKTERISTIK DENGAN KINERJA PENYULUH PERTANIAN DI KECAMATAN SIMPANG MAMPLAM KABUPATEN BIREUEN (AHMAD DAMIATI, 2016)

KINERJA PENYULUH PERTANIAN DALAM PENANGANAN HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN PALA DI KECAMATAN SAMADUA KABUPATEN ACEH SELATAN (ANDRIAN NOFIANDI, 2016)

PERAN PENYULUH PERTANIAN LAPANGANRNDALAM PELAKSANAAN BUDIDAYA PADI DENGAN METODE RNSRI (SYSTEM OF RICE INTENSIFICATION) DI KECAMATAN DARUL HIKMAH KABUPATEN ACEH JAYA (Adun Irwansyah, 2014)

ANALISIS PERAN PENYULUH PADA PROGRAM UPAYA KHUSUS (UPSUS) TERHADAP PENILAIAN PETANI DI KECAMATAN PEUDADA KABUPATEN BIREUN (Intan Raudhah, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy