//

PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN OBAT TRADISIONAL YANG TIDAK MENCANTUMKAN LABEL INFORMASI PRODUK (SUATU PENELITIAN PADA UROE PEUKAN DI KABUPATEN ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang EKA SAFITRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK EKA SAFITRI 2019 PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN OBAT TRADISIONAL YANG TIDAK MENCANTUMKAN LABEL INFORMASI PRODUK(Suatu Penelitian Pada Uroe Peukan di Kabupaten Aceh Besar) Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (vi,73)pp.,tbl.,bibl., app. T. HAFLISYAH, S.H., M.Hum. Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999Tentang Perlindungan Konsumen dalam Pasal 8 ayat (1) huruf i menyatakan bahwa pelaku usaha dilarang memproduksi dan/atau memperdagangkan barang dan/atau jasa yang tidak memasang label informasi atau membuat penjelasan produk yang menurut ketentuan harus dipasang/dibuat. Dalam Pasal 34 Permenkes Nomor 246/Menkes/Per/V/1990 Tentang Izin Usaha Industri Obat Tradisional dan Pendaftaran Obat Tradisional, informasi yang harus tercantum pada pembungkus berisi tentang nama obat tradisional, komposisi, jumlah, dosis pemakaian,khasiat atau kegunaan,kadaluwarsa, dan informasi penting lainnya. Namun dalam kenyataannya, masih ditemukan pelanggaran oleh pelaku usaha obat tradisional yang tidak mencantumkan label informasi produk pada uroe peukan di Kabupaten Aceh Besar. Tujuan penulisan skripsi ini untuk menjelaskan pelaksanaan perlindungan konsumen terhadap pembelian obat tradisional yang tidak mencantumkan label informasi produk, menjelaskanbentuk tanggung jawab pelaku usahaatas penjualan obat tradisional yang tidak mencantumkan label informasi produk serta menjelaskan upaya hukum yang dilakukan oleh instansi terkait terhadap peredaran obat tradisional yang tidak mencantumkan label informasi produk tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian yuridis empiris, pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan dan penelitian lapangan dengan wawancara responden dan informan. Data dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaanperlindungan konsumen obat tradisional pada uroe peukan di Kabupaten Aceh Besar belum terlaksana dengan baik, dikarenakan rendahnya kesadaran pelaku usaha dan kurang optimalnya pengawasan yang dilakukan oleh instansi terkait. Bentuk tanggung jawab pelaku usaha juga belum dilaksanakan sebagaimana mestinya, hal ini disebabkan karena pelaku usaha pada uroe peukan hanya berjualan satu kali dalamseminggu dan tidak dapat dipastikan akan kembali pada uroe peukan yang sama. Upaya hukum yang dilakukan oleh instansi terkait terhadap peredaran obat tradisional ini yaitu dengan memberikan penyuluhan, pengawasan dan pembinaan. Namun masih kurang efektif untuk uroe peukan yang ada di Kabupaten Aceh Besar. Disarankan kepada Pelaku usaha agar memahami segala aturan hukum yang ada, konsumen lebih teliti dan peduliterhadap obat tradisional, dan kepada instansi terkait untuk menjalankan fungsi sebagaimana mestinya terkhusus melakukan sosialisasi dan pengawasan pada uroe peukan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERLINDUNGAN KONSUMEN OBAT TRADISIONAL RNIMPOR YANG TIDAK MENCANTUMKAN LABEL RNBERBAHASA INDONESIA PADA KEMASANNYA RN(SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (MUHAMMAD IRFAN, 2015)

PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS PRODUK PANGAN IMPOR YANG TIDAK MENCANTUMKAN LABEL BERBAHASA INDONESIA YANG DIJUAL DI TOKO MODERN (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (SASTRI MAYANI, 2017)

PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENJUALAN PARFUM ISI ULANG YANG TIDAK MENCANTUMKAN LABEL KOMPOSISI (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (HUSNI SAFRIZAL, 2017)

PENGARUH PERHATIAN LABEL KEMASAN PANGAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMBELI MAKANAN RINGAN DI KOTA BANDA ACEH (Muhammad Birri, 2014)

PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENCANTUMAN LABEL HALAL SECARA TIDAK SAH PADA RUMAH MAKAN (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (Cut Nurkaulan Karima, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy