//

PENDUGAAN MASSA DAN VOLUME PADA BUAH ALPUKAT DAN JERUK MENGGUNAKAN PENGOLAHAN CITRA DIGITAL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Gita Sahara - Personal Name

Abstrak/Catatan

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menduga massa dan volume buah alpukat dan jeruk menggunakan pengolahan citra digital. Pada penelitian ini terdapat tiga ukuran pada buah alpukat dan jeruk yaitu: besar (A), sedang (B) dan kecil (C), dengan menggunakan sampel buah masing-masing sebanyak 30 buah untuk data training dan 15 buah untuk data testing. Pengambilan citra menggunakan kamera Charge Coupled Device (CCD) dalam format bitmap. Data citra diolah menggunakan Software Halcon MVTecversi 11(demo) dengan memasukkan algoritma metode bentuk buah (eccentricity) dan algoritma metode irisan. Hasil penelitian pada pendugaan massa dan volume buah alpukat menggunakan metode eccentricity diperoleh tingkat rata-rata akurasi masing-masing sebesar 94,12% dan 92,85%. Sedangkan menggunakan metode irisan diperoleh tingkat rata-rata akurasi masa dan volume masing-masing sebesar 93,60% dan 94,00%. Pendugaan massa dan volume buah jeruk menggunakan eccentricity diperoleh tingkat rata-rata akurasi masing-masing sebesar 96,58% dan 93,08%. Sedangkan menggunakan metode irisan diperoleh tingkat rata-rata akurasi masa dan volume masing-masing sebesar 92,54% dan 90,30%

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENDUGAAN UMUR SIMPAN BUAH ALPUKAT (PERSEA AMERICANAMILL) BERDASARKAN TOTAL PADATAN TERLARUT MENGGUNAKAN MODEL ARRHENIUS DAN Q10 (MULIADI, 2019)

KARAKTERISASI KEMATANGAN BUAH KOPI (COFFEA) BERDASARKAN WARNA KULIT KOPI MENGGUNAKAN HISTOGRAM DAN MOMEN WARNA (Hendri Syahputra, 2018)

PENDUGAAN UMUR SIMPAN BUAH JERUK MANIS (CITRUS SINENSIS) BERDASARKAN KANDUNGAN TOTAL PADATAN TERLARUT DENGAN MODEL ARRHENIUS DAN Q10 (Ria Yuliana, 2018)

TOKSISITAS EKSTRAK KULIT BUAH ALPUKAT TERHADAP MORTALITAS LARVA NYAMUK AEDES AEGYPTI L. (Putri Hayatun Nufus, 2019)

ANALISIS KANDUNGAN ASAM LEMAK MINYAK BUAH ALPUKAT (PERSE AMERICANA MILL.) BENER MERIAH DENGAN METODE KROMATOGRAFI GAS-SPEKTROMETRI MASSA (GCMS) (Masykur, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy