//

SIMULASI POLA DAN JADWAL TANAM MENGGUNAKAN FAKTOR K UNTUK OPTIMASI OPERASI JARINGAN IRIGASI DI DAERAH IRIGASI (D.I) KRUENG JREU

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIFA SAFIRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penentuan pola dan jadwal tanam yang sesuai dengan ketersediaan dan kebutuhan air irigasi merupakan hal yang penting pada suatu daerah irigasi. Pemberian air irigasi pada Daerah Irigasi (D.I) Krueng Jreu masih kurang efektif pada musim kemarau, sehingga perlu dilakukan peninjauan kembali terhadap pola dan jadwal tanam yang ada pada daerah irigasi tersebut dengan mempertimbangkan faktor K. Untuk mencapai optimasi maka dilakukan dengan simulasi pola dan jadwal tanam menggunakan faktor K. Optimasi pola dan jadwal tanam ditentukan berdasarkan frekuensi faktor K 15 harian > 0,75 terbanyak. Pola dan jadwal tanam terbaik untuk Daerah Irigasi Krueng Jreu adalah pola tanam Padi-Padi-Kedelai dengan masa awal tanam MT I pada Juli II, masa awal tanam MT II pada November II dan masa awal tanam MT III pada Maret II, dengan frekuensi faktor K > 0,75 sebanyak 15 kali, faktor K dengan rentang 0,50 – 0,75 sebanyak 3 kali dan faktor K dengan < 0,25 sebanyak 4 kali. Penerapan pola dan jadwal tanam terpilih dilakukan dengan pembagian air pada saat faktor K < 0,75 kedalam tiga golongan, yaitu golongan I terdiri dari sekunder Menara dan sekunder irigasi Krueng Aceh Extension, golongan II terdiri dari sekunder Krueng Jreu kiri dan golongan III terdiri dari sekunder Kayee, sekunder Lamkrah dan sekunder Inong.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

OPTIMASI POLA TANAM DAN JADWALTANAM DAERAH IRIGASI BARO UNTUK MEMAKSIMALKAN KEUNTUNGAN (Uli Zahrati, 2018)

PERENCANAAN OPERA SI WADUK UNTUK KEBUTUHAN AIR IRIGASI (STUDI KASUS WADUK KEULILING KABUPATEN ACEH BESAR) (Amalia Sabrina, 2017)

STUDI EVALUASI FUNGSI JARINGAN DAN BANGUNAN PELENGKAP IRIGASI SERTA PELAKSANAAN OPERASIONAL DAN PEMELIHARAAN DI DAERAH IRIGASI KRUENG ACEH (Reno Syahputra, 2015)

STUDI PENINGKATAN INTENSITAS LUAS DAN POLATANAM PADA DAERAH IRIGASI KRUENG JREU (Faisal, 2018)

STUDI PENINGKATAN INTENSITAS LUAS DAN POLATANAM PADA DAERAH IRIGASI KRUENG JREU (Faisal, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy