//

EVALUASI PENGELOLAAN DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) DI DAS KRUENG BARO KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Haziya Awanis - Personal Name
SubjectLAND USE-AGRICULTURAL SURVEY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Abstrak.. DAS Krueng Baro terletak di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, Indonesia dengan luas 43.148,95 ha yang dimanfaatkan sebagai persediaan air, pertanian maupun peternakan. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi pengelolaan DAS Krueng Baro yang mencakup lima kriteria evaluasi pengelolaan DAS yaitu lahan, tata air, sosial ekonomi, nilai investasi bangunan dan pemanfaatan ruang wilayah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi pengelolaan di DAS Krueng Baro Kabupaten Pidie memiliki nilai yaitu: Persentase Lahan Kritis (7,32 %, kelas rendah), Persentase Penutupan Vegetasi (52,53%, kelas sedang), dan Indeks Erosi (1,8, kelas tinggi), Koefisien Regim Aliran (22,39, kelas rendah), Koefisien Aliran Tahunan (0,39, kelas sedang), Muatan Sedimen (0,0008 ton/ha/th, kelas sangat rendah), Banjir yang terjadi lebih dari 1 kali dalam 1 tahun (kelas sangat tinggi), Indeks Penggunaan Air (1.128,518 m3/ th/org, kelas sangat jelek), Tekanan Penduduk (2,26 ha/KK, kelas rendah), Tingkat Kesejahteraan Penduduk (15,70%, kelas sedang), Keberadaan dan Penegakan Aturan ada dilakukan konservasi tetapi terbatas (kelas baik), Klasifikasi Kota dengan jumlah penduduk berkisar 100.000 s/d 500.000 jiwa termasuk Kota Madya berada pada kelas Sedang dan Nilai Bangunan Air sebesar Rp 18.975.414.170 berada pada kelas rendah, Kawasan Lindung (78,54%, kelas sangat baik) dan Kawasan Budidaya (35,52%, kelas sedang). Total akhir untuk mendapatkan kondisi daya dukung DAS Krueng Baro sebesar 90,25 diklasifikasikan dalam kriteria sedang.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI PENGELOLAAN DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) DI DAS KRUENG BARO KABUPATEN PIDIE (Haziya Awanis, 2019)

ANALISIS SEDIMENTASI SUNGAI KRUENG BARO PADA HULU DAN HILIR BENDUNG KEUMALA KABUPATEN PIDIE PROVINSI ACEH (Yusni Eva Cus Endang, 2018)

ANALISIS SPATIAL KEKRITISAN LAHAN DAERAH ALIRAN SUNGAI KRUENG BARO (Fachra Muharyanda, 2016)

KAJIAN HIDROLOGI DAN KUALITAS AIR PADA DAERAH ALIRAN SUNGAI KRUENG GEUPE KABUPATEN ACEH BESAR (MUHAMMAD IKHSAN, 2013)

PENILAIAN DAN UPAYA PENINGKATAN KINERJA SISTEM IRIGASI PADA DAERAH IRIGASI KR. BARO KIRI KABUPATEN PIDIE (Firman Saputra, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy