//

PELAKSANAAN KEGIATAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH PADA SEKOLAH DASAR SE-KOTA SABANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MARTUNIS - Personal Name
SubjectHEALTH PROMOTION
TEACHER
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Martunis, 2019. “Pelaksanaan Kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah Pada Sekolah Dasar Se-Kota Sabang”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Miskalena, M.Kes (2) Dr. Yeni Marlina, M. Pd Kata Kunci: Pelaksanaan, Kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah, Sekolah Dasar Se-Kota Sabang Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang terdiri dari pendidikan kesehatan, pelayanan dan menciptakan lingkungan sehat di Sekolah Dasar sangat penting diadakan karena dapat mengetahui kesehatan masyarakat sekolah dari berbagai ganguan penyakit yang dapat menganggu kegiatan pembelajaran. Di Kota Sabang pelaksanaan program UKS belum terealisasi dengan baik hal ini terlihat dari tiga indikator UKS rata-rata sekolah hanya cenderung pada indikator menjaga lingkungan sekolah yang sehat sedangkan bidang pendidikan dan pelayanan kesehatan masih minim dilakukan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini ialah bagaimanakah pelaksanaan kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah pada SD Negeri se-Kota Sabang. Maka tujuan yang ingin dicapai ialah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah pada SD Negeri se-Kota Sabang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan pendidikan kesehatan di SD Negeri se-Kota Sabang berupa penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan makanan sehat dan pembinaan dokter kecil. Pelayanan kesehatan terdiri dari pemeriksaan kesehatan atau konseling, pelayanan kesehatan umum, bulan imunisasi anak, upaya pemeriksaan gigi, konsultasi dokter, pengukuran tinggi badan dan berat badan, pengadaan buku rujukan, piket dokter kecil, pelayanan kesehatan bagi murid, upaya pemeriksaan gigi dan konsultasi dokter. Penciptaan lingkungan hidup sekolah yang sehat dilakukan dengan membiasakan siswa mencuci tangan pakai sabun, menggosok gigi, kebiasaan buang air besar dijamban sekolah, mengikuti pelatihan dokter kecil, membiasakan jajan di kantin sekolah, membiasakan siswa membuang sampah di tempat sampah dan membersihkan lingkungan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga kegiatan yang dilakukan dalam program UKS di SD Negeri se-Kota Sabang yakni pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pengciptaan lingkungan sekolah sehat. Dari ketiga indikator tersebut pengciptaan lingkungan sekolah sehat lebih cenderung dilaksanakan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN PROGRAM USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DI SEKOLAH DASAR NEGERI 8 KOTA SABANG (M. IQBAL, 2019)

GAMBARAN KEGIATAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DI SD LAMBARO ANGAN KECAMATAN DARUSSALAM ACEH BESAR TAHUN 2013 (MAHADZIR Z.A, 2015)

PELAKSANAAN PROGRAM USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH (Ervina, 2019)

EFEKTIVITAS PEMBERDAYAAN GURU PADARNSEKOLAH UNGGUL DI KOTA SABANG (KAMARUDDIN, 2014)

KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMK NEGERI 1 LHOKSUKON KABUPATEN ACEH UTARA (TEUKU MIFTAHUDDIN, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy