//

HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SEBAGAI LINTAS MINAT KELAS XII MIPA SMA NEGERI 3 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Julita Winanda - Personal Name
SubjectLEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Winanda, Julita. 2018. Hubungan minat belajar dan motivasi belajar peserta didik dengan hasil belajar pada mata pelajaran geografi sebagai lintas minat kelas XII MIPA SMA Negeri 3 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Dr. Amsal Amri, M.Pd (2) Drs. Thamrin K, M.Si Kata Kunci: Hubungan, minat belajar, motivasi belajar, hasil belajar, mata pelajaran geografi Dalam pembelajaran di kelas, motivasi belajar siswa cenderung rendah. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran, guru belum mengembangkan strategi atau metode pembelajaran yang menarik sehingga mendorong minat dan motivasi belajar siswa untuk aktif dalam pembelajaran tersebut. Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah terdapat hubungan minat belajar dan motivasi belajar peserta didik dengan hasil belajar pada mata pelajaran geografi sebagai lintas minat Kelas XII MIPA SMA Negeri 3 Banda Aceh? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan minat belajar dan motivasi belajar peserta didik dengan hasil belajar pada mata pelajaran geografi sebagai lintas minat Kelas XII MIPA SMA Negeri 3 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XII MIPA Negeri 3 Banda Aceh. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling yang dipilih secara pengambilan data dengan pertimbangan tertentu yaitu sebanyak 22 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik angket, tes dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan statistik korelasi berganda, diperoleh hasil koefisien korelasi 0,176 pada kategori rendah dengan koefisien determinasi berganda (R2) = 3,10% dan sisanya adalah 96,90% ditentukan oleh faktor lain dari luar penelitian. Berdasarkan hasil uji signifikan menunjukan bahwa 0,304 < 3,25. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pengujian adalah terima Ha artinya tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan motivasi belajar peserta didik dengan hasil belajar pada mata pelajaran geografi sebagai lintas minat Kelas XII MIPA SMA Negeri 3 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS MAN MODEL BANDA ACEH (Mumtazul Fikri, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, MOTIVASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JAMUR DI SMA NEGERI 3 MEDAN (Salmaniah, 2016)

HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Alqinafaizi, 2015)

HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (MIRA ZAHARA, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED LEARNING DAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSION DALAM PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (MAULIDIN, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy