//

IDENTIFIKASI TITIK AWAL PENCEMARAN FORMALIN PADA CUMI-CUMI (CEPHALOPODA) DARI PENDARATAN IKAN, MUGE,RN DAN PASAR DI WILAYAH KECAMATAN KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fakhrol Azri S,kh - Personal Name
SubjectSQUID
FORMALDEHYDE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

IDENTIFIKASI TITIK AWAL PENCEMARAN FORMALIN PADA CUMI-CUMI (Cephalopoda) DARI PENDARATAN IKAN, MUGE, DAN PASAR DI WILAYAH KECAMATAN KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi titik awal penggunaan formalin pada cumi-cumi (Cephalopoda) yang bersal dari pendaratan ikan, muge,pasar di wilayah Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan. Pengujian terhadap sampel dilakukan secara kualitatif. Sampel diambil secara sensus, tiap tempat diambil sebanyak 3 ekor. Sampel yang diambil dimasukkan ke dalam kantung plastik steril dan diberi label, kemudian dilakukan pengujian formalin menggunakan kit test. Hasil pengamatan dinyatakan positif jika warna ungu menandakan adanya kandungan formalin (formaldehyde). Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa dari 60 sampel cumi-cumi yang negatif 6 sampel (100%) yang diperoleh dari tempat pendaratan ikan, dan 24 sampel (100%) yang diperoleh dari muge, sedangkan yang positif mengandung formalin 18 dari 30 sampel (30%) yang diperoleh dari tempat pemasaran. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa cumi-cumi yang berasal dari pasar di wilayah kec.Kluet Utara positif mengandung formalin.  

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI PENCEMARAN FORMALIN PADA JALUR PRODUKSI DAN PEMASARAN IKAN TAMBAN ASIN (SARDINES) DI WILAYAH KECAMATAN KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN (Azhari, S.KH, 2014)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK JAHE (ZINGIBER OFFICINALE) TERHADAP PENURUNAN KADAR FORMALIN PADA CUMI-CUMI ASIN (LOLIGO SP) DI PASAR PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH (Silviani, 2018)

EFEKTIVITAS EKSTRAK LIDAH BUAYA (ALOE VERA) DALAM MEREDUKSI FORMALIN PADA CUMI-CUMI (LOLIGO INDICA) ASIN (Irma Haryani , 2016)

IDENTIFIKASI PARASIT PADA CUMI–CUMI (LOLIGO SPP.) PADA TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) LAMPULO KOTA BANDA ACEH (RESTY FAUZANA RAHMAN, 2016)

KEBIASAAN MAKAN DAN KOMPOSISI MAKANAN TIGA SPECIES CUMI (LOLIGO EDULIS, SEPIOTEUTHIS LESSONIANA DAN SEPIA OFFICINALIS) HASIL TANGKAPAN NELAYAN DARI PERAIRAN PANTAI UTARA PULAU BUNTA ACEH BESAR (Taufiq Ismail, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy