//

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL ANCHORED INSTRUCTION DI SMPN 1 DARUL IMARAH ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NOVA FADILA - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
TEACHING METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pemecahan masalah merupakan suatu hal yang perlu dipelajari siswa dalam pembelajaran matematika. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa masih tergolong rendah. Anchored Instruction merupakan sebuah model pembelajaran yang diharapkan mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model Anchored Instruction. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-I SMPN 1 Darul Imarah Aceh Besar yang dipilih 3 siswa dari 26 berdasarkan kategori tinggi, sedang dan rendah pada kemampuan pemecahan masalah. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan 4 soal berupa essai, kemudian dilanjutkan dengan wawancara untuk mengetahui langkah yang diambil siswa dalam menyelesaikan soal tersebut. Teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisis data Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa di SMPN 1 Darul Imarah sudah baik, dimana sebagian besar siswa sudah mampu menguasai tiga dari empat indikator kemampuan pemecahan masalah, yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, dan melaksanakan rencana penyelesaian. Siswa kategori tinggi mampu menguasai indikator memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana dan melihat kembali. Siswa kategori sedang mampu menguasai indikator memahami masalah, merencanakan penyelesaian dan melaksanakan rencana penyelesaian. Siswa kategori rendah hanya mampu menguasai indikator memahami masalah dan merencanakan penyelesaian. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model Anchored Instruction secara keseluruhan menunjukkan dari 26 siswa, 11 diantaranya memperoleh kategori tinggi, 6 siswa memperoleh kategori sedang, dan 9 siswa memperoleh kategori rendah. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Anchored Instruction, Aritmetika Sosial

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS XI MAS DARUL IHSAN (IKA ZUHRATUL KHAIRI, 2019)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-CONCEPT SISWA SMK MELALUI MODEL PROBLEM-BASED INSTRUCTION (PBI) (Rahmad Fitra, 2018)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Cut Masturi, 2018)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (ANDRIANI, 2018)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (HUSNA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy