//

KESESUAIAN KUESIONER AUSTRALIAN PELVIC FLOOR DENGAN PEMERIKSAAN POP-Q DALAM MENENTUKAN KELUHAN PASIEN TERHADAP GANGGUAN DASAR PANGGUL DI POLIKLINIK KANDUNGAN RSUDZA ¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬ KESESUAIAN KUESIONER AUSTRALIAN PELVIC FLOOR DENGAN PEMERIKSAAN POP-Q DALAM MENENTUKAN KELUHAN PASIEN TERHADAP GANGGUAN DASAR PANGGUL DI POLIKLINIK KANDUNGAN RSUDZA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dian Paramita - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Objektif : Kuesioner Australian Pelvic floor adalah instrumen yang dapat menilai dan mengetahui keluhan serta disfungsi dasar panggul seorang perempuan yang ditimbulkan oleh gangguan dasar panggul dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat suatu pemeriksaan fisik baku emas POP-Q yang dapat menentukan diagnosis prolaps organ panggul. Tujuan dari penelitian ini adalah menilai kesesuaian antara skor kuesioner gangguan dasar panggul terhadap pemeriksaan fisik POP-Q dalam menentukan gangguan dasar panggul. Metode : Penelitian ini menggunakan uji diagnosis observasional, potong lintang, dan melihat cut off point skor kuesioner pada perempuan di poliklinik RSUZA. Terdapat 104 subjek, 43 subjek yang mengalami prolaps organ panggul dan 61 subjek tidak ada gangguan dasar panggul. wawancara menggunakan kuesioner dan dikomfirmasi dengan pemeriksaan POP-Q. Data akan dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan perangkat lunak (SPSS 22).. Hasil : Hasil skor bagian kandung kemih, prolapse organ panggul, dan fungsi seksual terdapat perbedaan bermakna p < 0,05 terhadap derajat prolaps organ panggul. Hasil cut off point adalah 0,5, artinya kemampuan kuesioner untuk mendapatkan hasil positif diantara perempuan yang mengalami gangguan dasar panggul. Kesimpulan : Terdapat kesesuaian antara skor kuesioner gangguan dasar panggul terhadap pemeriksaan fisik POP-Q dalam menentukan derajat prolaps organ panggul, dan memperoleh nilai cut off point dari masing-masing bagian gangguan dasar panggul. Saran : Kuesioner ini bisa digunakan di puskesmas, dan di rumah sakit sebagai skrining prolapse organ panggul Kata Kunci : Kuesioner Australian pelvic floor, Prolaps organ panggul kuantifikasi (POP-Q), gangguan dasar panggul

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PENYEBAB GANGGUAN PENDENGARAN DI POLI THT-KL RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Wendra Saputra, 2014)

HUBUNGAN BERAT BAYI LAHIR RENDAH DENGAN GANGGUAN PENDENGARAN PADA ANAK MENGGUNAKAN HASIL PEMERIKSAAN BRAINSTEM EVOKED RESPONSE AUDIOMETRY DI POLIKLINIK THT-KL RSUDZA BANDA ACEH (Rauzatil Aula Kasturi, 2019)

ANALISIS DATA ULTRASONOGRAFI (USG) UNTUK MEMPREDIKSI REGANGAN PANGGUL PASCA MELAHIRKAN (Devi Pratiwi, 2016)

HUBUNGAN RASIO LINGKAR PINGGANG DAN PANGGUL DENGAN DERAJAT NYERI PADA PASIEN OSTEOARTRITIS LUTUT DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Dian Islami, 2015)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA TERHADAP KEPATUHAN BEROBAT PADA TB ANAK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Nurul Maulina Rahmi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy