//

PEMBELAJARAN STATISTIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LHOKSUKON ACEH UTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Riska Novelasari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Salah satu bidang studi yang perlu dikuasai oleh peserta didik yaitu matematika. Di mana matematika merupakan pembelajaran yang dikenal sebagai materi yang tidak terlalu mudah untuk dipahami oleh siswa. Namun di sekolah guru belum mengoptimalkan proses pembelajaran matematika yaitu pada materi statistika. Pembelajaran statistika bisa dilatih melalui pemberian soal-soal matematika yang menantang dengan pembelajaran melalui model kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini yang bertujuan untuk dapat mengetahui ketuntasan belajar peserta didik dengan materi statistika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas VIII serta untuk dapat mengetahui respon peserta didik terhadap suatu model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi statistika di kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pre-eksperimental (designOne-Shot Case Study). Populasi penelitian ialah semua siswa kelas VIII SMPN 1 Lhoksukon Aceh Utara yang atas dari 4 kelas. Pengambilan sampel dibuat secara acak dan diperoleh siswa kelas VIII/3 dengan banyak sampel 25 orang.Pengumpulan data hasil belajar dilakukan dengan memberikan 2 butir soal esai tentang statistika.Data yang diterima dianalisis memakai uji-t pihak kanan. Berdasarkan hasil analisis data di peroleht_hitung=3,94 dan dengan taraf signifikan α=0,05 serta dk = 24 diperoleh harga t_tabel=1,71, sehingga t_hitung>t_tabel. Dengan demikian berdasarkan kriteria penolakan H0, hipotesis yang berbunyi 1)“melalui model kooperatif tipe jigsaw siswa dapat mencapai ketuntasan pelajar pada materi statistika di kelas VIII SMP Negeri 1 Lhoksukon Aceh Utara” diterima, 2)“respon peserta didik pada menerapkan model kooperatif tipe jigsaw pada materi statistika positif” diterima. Oleh karena itu, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat diterapkan guru dalam melatih siswa menyelesaikan soal statistika.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII DI MTSN 7 ACEH BESAR (Selamaddin, 2018)

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL PRESTASI BELAJAR SISWARN KELAS VIII SMP NEGERI 4 LHOKSUKON RNKABUPATEN ACEH UTARA (NURJANNAH, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MESJID RAYA ACEH BESAR (MARZIA, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 2 SEULIMEUM KABUPATEN ACEH BESAR (NURLAILA, 2014)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GRUP INVESTIGASI DENGAN MODEL JIGSAW PADA MATERI PERUBAHAN BENDA KELAS VI SD NEGERI 56 BANDA ACEH (Zahraton Nida, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy