//

MENGATASI KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI LITERASI DI KELAS V SD NEGERI 29 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MAISARAH - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Maisarah. 2019. Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Melalui Literasi di Kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguaruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Monawati, M.Pd ., (2) Drs. Fauzi, M.Pd. Kata Kunci: kesulitan siswa, pemecahan masalah matematika, literasi Dalam proses penyelesaian soal pemecahan masalah matematika sangatlah penting menerapkan literasi. Literasi dapat membantu siswa mengatasi kesulitan dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 29 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan cara mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika melalui literasi, (2) untuk mengetahui aktivitas siswa dalam mengatasi kesulitan menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika melalui literasi, dan (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika melalui literasi di kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VA SD Negeri 29 Banda Aceh yang berjumlah 34 orang siswa. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode penelitian pendekatan kualitatif, sehingga hasilnya nanti dapat dilihat dari keberhasilan siswa dalam belajar. Tahap penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, dan pedoman wawancara. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Dari serangkaian proses penelitian yang dilakukan dan hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh dari siklus pertama adalah 62,4 siklus kedua adalah 66,2 dan siklus ketiga 85. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan literasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus pertama 68,6%, siklus kedua 77,9%, dan siklus ketiga 89,3%. Berdasarkan hasil wawancara diperoleh bahwa dengan penerapan literasi dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika sangat membantu siswa dan membuat siswa lebih mudah dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS V DI SD NEGERI 29 BANDA ACEH (BARIATUL HASINA, 2018)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL EVALUASI MATEMATIKA SEMESTER II KELAS VRNSD NEGERI 8 BANDA ACEH (fajarina, 2015)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOA-SOAL TRIGONOMETRI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (mursyidah, 2016)

PENGEMBANGAN SOAL SETARA PISA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (T. MARWANDA, 2017)

ANALISIS STRATEGI PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KESEBANGUNAN DI KELAS IX SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2011/2012 (Ulil Rukmana, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy