//

KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA TRENDS INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS) DI KELAS V SD NEGERI 51 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DELISMA SIREGAR - Personal Name
SubjectMETHODS INTRUCTION OF STUDY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Siregar, Delisma. 2019. Kemampuan Peserta Didik Menyelesaikan Soal Matematika Pada Trends International Mathematics And Science Study (TIMSS) di Kelas V SD Negeri 51 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Linda Vitoria, S.Si., M.Sc (2) Drs. Bukhari, M.Pd Kata Kunci: Kemampuan Menyelesaikan Soal Matematika Pada Trends International Mathematics And Science Study (TIMSS) Trends International Mathematics And Science Study (TIMSS) adalah survey international yang mengevaluasi tingkat kemampuan peserta didik di beberapa negara mengenai hasil belajar dalam bidang matematika dan sains. Untuk matematika SD, bidang yang diuji meliputi bilangan, geometri, dan penyajian data. Pelaksanaan TIMSS dilakukan 4 tahun sekali yang dipelopori oleh International Association for the Evaluation of Education Achievement (IEA) berkedudukan di Amsterdam, Belanda dilaksanakan pada bulan Maret-Juni untuk kelas IV SD dan VIII SMP. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan peserta didik menyelesaikan soal matematika pada Trends International Mathematics And Science Study (TIMSS) di kelas V SD Negeri 51 Banda Aceh, dan apa saja kesulitan peserta didik menyelesaikan soal matematika pada Trends International Mathematics And Science Study (TIMSS) di kelas V SD Negeri 51 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik menyelesaikan soal matematika pada Trends International Mathematics And Science Study (TIMSS) di kelas V SD Negeri 51 Banda Aceh dan mendeskripskan kesulitan peserta didik menyelesaikan soal matematika pada Trends International Mathematics And Science Study (TIMSS) di kelas V SD Negeri 51 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah 30 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata 49.1 berada pada kategori cukup berdasarkan kategori penilaian menurut Arikunto (2010:35). Pada saat diwawancarai kesulitan yang dialami peserta didik adalah: (1) kurang menguasai materi bilangan, geometri dan penyajian data, (2) tidak terbiasa dalam soal penalaran, (3) bahasa soal terlalu susah dipahami sehingga tidak tahu apa yang ditanyakan dalam soal, (4) tidak terbiasa menjawab soal TIMSS.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS V SD NEGERI 26 BANDA ACEH (Meri Muliana, 2019)

HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA DI SEMESTER I KELAS V SD NEGERI 22 BANDA ACEH (WISRI AISA, 2019)

KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PENGUKURAN DI KELAS V SD NEGERI 29 BANDA ACEH (Nurul Fizziah, 2019)

KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DI KELAS III SD NEGERI 54 BANDA ACEH (DEWI LESTARI, 2019)

KESULITAN DAN KEYAKINAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA MATERI ALJABAR (FATHIYA SALSABILA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy