//

IDENTIFIKASI MUTU FISIK BERAS MENGGUNAKAN PENGOLAHAN CITRA (IMAGES PROCESSING) DENGAN METODE MULTI-LAYER PERCEPTRONS (MLP)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ROBBY HARIYANTO - Personal Name
SubjectRICE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Pada penelitian ini kriteria butir beras yang ditentukan berupa butir utuh, butir kepala, butir patah, butir menir, gabah dan benda asing. Jumlah sampel masing-masing kriteria sebanyak 100 butir untuk training dan 100 butir untuk testing. Penelitian ini menggunakan metode Multi-layer Perceptron (MLP) yang memiliki 14 input layer, yaitu area, panjang, diameter, perimeter, energi, kontras, homogenitas, korelasi, dan Indeks warna R (red), G (green), B (blue), H (hue), S (saturation), I (intensity). Pada penelitian ini, MLP juga memiliki 5 hidden layer dan 6 output layer yang berupa butir utuh, butir kepala, butir patah, butir menir, butir gabah dan benda asing. Hasil penelitian menunjukan akurasi yang baik, sistem dapat mengenali ke enam kriteria dengan sangat baik. Analisa menggunakan 14 fitur menghasilkan tingkat akurasi sebesar 100% untuk semua varietas beras yang tidak dicampur. Analisa menggunakan 14 fitur menghasilkan tingkat akurasi sebesar 84,44% untuk beras Ciherang; 98,88% untuk beras Sanbei dan 100% untuk beras Sigupai. Analisis gabungan dari fitur area, panjang, indeks warna B (Blue) dan S (Saturation) menghasilkan tingkat akurasi sebesar 100% untuk semua varietas beras yang dicampur dan tidak dicampur.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI MUTU FISIK BERAS MENGGUNAKAN PENGOLAHAN CITRA (IMAGES PROCESSING) DENGAN METODE MULTI-LAYER PERCEPTRONS (MLP) (ROBBY HARIYANTO, 2019)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FLUKTUASI HARGAA BERAS DI PROVINSI ACEH (Sofia Nelly, 2018)

PENERAPAN METODE KORELASI FASE UNTUK PENCOCOKAN WAJAH BERBASIS CITRA TAMPAK DAN CITRA TERMAL (SYAHRUL WAHYUDI, 2019)

KUALITAS SIFAT FISIK BERAS (ORYZA SATIVA L.) MUTAN M4 HASIL IRADIASI SINAR GAMMA (Nanda Funna Ledita, 2018)

APLIKASI SISTEM INSPEKSI VISUAL BERBASIS COMPUTER VISION UNTUK KLASIFIKASI JERUK SIAM (CITRUS NOBILIS VAR. LOUR MICROCARPA) BERDASARKAN UKURAN BUAH (Cut Keke, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy