//

KETERAMPILAN GURU DALAM MENJELASKAN MATERI PELAJARAN PPKN PADA SISWA SMAN 12 BANDA ACEH (STUDI KASUS DI SMAN 12 BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YUSRA AINI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Keterampilan Guru Dalam Menjelaskan Materi Pelajaran PPKn Pada Siswa SMAN 12 Banda Aceh (Studi Kasus Di SMAN 12 Banda Aceh ) Aini, Yusra. 2019. Keterampilan Guru Dalam Menjelaskan Materi Pelajaran PPKn Pada Siswa SMAN 12 Banda Aceh (Studi Kasus Di SMAN 12 Banda Aceh ). Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: 1)Dr. Sanusi, S.Pd., M.Si., 2)Ruslan, S.Pd., M.Ed ABSTRAK Kata Kunci : Keterampilan Guru, Menjelaskan Materi Pelajaran PPKn Penelitian ini berjudul “Keterampilan Guru Dalam Menjelaskan Materi Pelajaran PPKn Pada Siswa SMAN 12 Banda Aceh (Studi Kasus di SMAN 12 Banda Aceh)”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan awal yaitu kurangnya guru dalam keterampilan menjelaskan materi pelajaran PPKn. Terkait dalam kajian ini gejala guru dalam menjelaskan materi, seperti kurangnya guru dalam mengontrol siswa saat menjelaskan materi, guru langsung memberikan tugas kepada siswa setelah menjelaskan materi, penjelasan yang diberikan guru kurang menarik bagi siswa, guru dominan hanya menggunakan metode ceramah tanpa alat peraga, penguasaan materi yang guru sampaikan monoton dan cepat membosankan bagi murid. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana keterampilan guru dalam menjelaskan materi pelajaran PPKn pada siswa SMAN 12 Banda Aceh. (2) Apa saja faktor yang mempengaruhi guru dalam penguasaan materi dan dalam keterampilan menjelaskan materi pelajaran PPKn pada siswa SMAN 12 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1)keterampilan guru dalam menjelaskan materi pelajaran PPKn pada siswa SMAN 12 Banda Aceh. (2)Untuk mengetahui faktor atau kendala apa yang mempengaruhi guru dalam penguasaan materi, dan dalam keterampilan menjelaskan materi pelajaran PPKn pada siswa SMAN 12 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian metode deskriptif, pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan simpulan/verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Guru PPKn di SMAN 12 Sudah melakukan yang terbaik dalam keterampilan menjelaskan materi pelajaran PPKn, guru sudah mampu menjelaskan materi dengan baik, hanya saja ada yang kurang dan masih harus diperbaiki pada bagian penguasaan materi pelajaran, pemberian contoh, penggunaan metode atau model dan media. Berdasarkan pengamatan yang peneliti lakukan guru sudah sangat baik dalam memberikan penjelasan saat mengajar dikelas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA (Rahmi, 2016)

UPAYA GURU UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKN DI SMA NEGERI MEULABOH (Cut Kemala, 2014)

RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI MTSN RUKOH DARUSSALAM (Azhar, 2013)

PEMAHAMAN GURU BIDANG STUDI TENTANG BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (SUATU PENELITIAN DI SMA NEGERI SE-KOTA BANDA ACEH) (Novin Asril Lubis, S.Pd., 2014)

ANALISIS HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 5 BANDA ACEH (Fuzna Rahmi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy