//

HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Nurul Fadhillah - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
READING INTEREST
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Cut Nurul Fadhillah. 2019. Hubungan Kebiasaan Belajar dan Minat Baca dengan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si (2) Dr. Alamsyah Taher, M.Si Kata Kunci: hubungan, kebiasaan belajar, minat baca, hasil belajar Hasil belajar adalah sejauh mana penguasaan materi perkuliahan dikarenakan adanya proses perubahan sikap dan perilaku mahasiswa dalam berbagai aspek yang ditekuninya sehingga terjadi suatu perbedaan yang jelas antara sebelum mahasiswa tersebut belajar dan sesudah belajar. Kebiasaan belajar dan minat baca merupakan dua faktor yang secara teori diperkirakan mempengaruhi peningkatan hasil belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat hubungan kebiasaan belajar dan minat baca dengan hasil belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan kebiasaan belajar dan minat baca dengan hasil belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian adalah mahasiswa angkatan 2014 dan angkatan 2015 Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah yang berjumlah 121 mahasiswa dan diambil sampel sebanyak 54 mahasiswa dengan menggunakan teknik proportional sample. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata mahasiswa memiliki kebiasaan belajar, minat baca dan hasil belajar pada kategori sedang. Hasil analisis regresi ganda diperoleh Ŷ = 30,29 + 0,48 X1 + 0,15 X2 dan koefisien korelasi ganda sebesar 0,42 yang artinya terdapat hubungan yang sedang dengan koefisien determinasi berganda = 17,64%. Uji hipotesis menunjukkan bahwa F hitung lebih besar dari Ftabel atau 5,69 > 3,18 yang berarti H a diterima. Simpulannya terdapat hubungan positif antara kebiasaan belajar dan minat baca dengan hasil belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (MIRA ZAHARA, 2019)

HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH (ILIANTI, 2016)

PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIAN FISIKA FKIP UNSYIAH (Ulul Azmi, 2019)

KORELASI NILAI MATA KULIAH GEOGRAFI LINGKUNGAN DAN PKLH DENGAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN HIDUP PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH. (Fredy Satrya Anggara, 2017)

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DAN MINAT MENJADI GURU DENGAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN MAHASISWA JURUSAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH (ANGGUN MAULIDA NENGSIH, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy