//

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI METODE EKSPERIMEN SAINS DI TK BUNDA KANDUNG DESA MEUNASAH TUTONG ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AULIA ANANDA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ananda, Aulia. 2019. Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Metode Eksperimen Sains di TK Bunda Kandung Desa Meunasah Tutong Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Anak Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Yuhasriati, M. Pd. (2) Saptiani, M. Pd. I. Kata Kunci: Kognitif, Berpikir Logis, Metode Eksperimen Sains Perkembangan kemampuan kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan yang harus dikembangkan oleh anak sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan kemampuan kognitif anak dalam berpikir logis khususnya dalam lingkup mengenal sebab-akibat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan jenis penelitian eksperimenone shot case study yang dilaksanakan dalam 3 pertemuan, dalam setiap pertemuan mencakup kegiatan perencanaan, kegiatan pelaksanaan pembelajaran, dan pengamatan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes lisan dan unjuk kerja melalui kegiatan eksperimen sains benda tenggelam dan terapung. Setelah diberikannya treatment (perlakuan) didapatkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan kognitif anak usia dini meningkat, pada pertemuan pertama dari hasil observasi didapatkan nilai rata-rata anak 15,5 kemudian dilanjutkan pada pertemuan kedua nilai rata-rata anak meningkat menjadi 23,6 dan pada pada pertemuan ketiga didapatkan nilai rata-rata anak menjadi 30,2 sedangkan dari hasil tes lisan didapatkan nilai rata-rata anak pada pertemuan pertama 40,6 dilanjutkan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 46,5 dan pada pertemuan ketiga meningkat 49,6. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan kognitif anak melalui metode eksperimen sains di TK Bunda Kandung Desa Meunasah Tutong Aceh Besar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PUZZLE DI PAUD BUNGONG TANJUNG LAMTIMPEUNG ACEH BESAR (Nurul Jannah, 2016)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PERCOBAAN SAINS SEDERHANA DI PAUD KARAWARA-WA LAM ATEUK KABUPATEN ACEH BESAR (Muliani, 2018)

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN BOWLING DI TK LAMPUUK KABUPATEN ACEH BESAR (Ulfa Khairuna, 2019)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN DI TK ABDUL AZIZ LAMBADA LHOK KABUPATEN ACEH BESAR (MELI ORIZA, 2019)

PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MERONCE DI PAUD KARAWARA-WA KABUPATEN ACEH BESAR (Ismanida, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy