//

KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI PETANI PADI DI GAMPONG EMPE ARA KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESARRN(SUATU PENELITIAN DI GAMPONG EMPE ARA ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIZKI AULIA - Personal Name
SubjectECONOMIC CONDITIONS
RICE-AGRICULTURAL ECONOMICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Indonesia merupakan negara agraris yang penduduknya bermata pencaharian di sektor pertanian. Sektor pertanian mempunyai peranan yang sangat penting di dalam perekonomian. Demikian juga masyarakat di Indrapuri Gampong Empe Ara sebagian besar masyarakat bekerja sebagai petani Gampong Empe Ara terletak di kecamatan Indrapuri kabupaten Aceh Besar, letaknya ± 3 KM dari pasar Kecamatan Indrapuri. Sebahagian besar wilayahnya terdiri dari perkebunan warga dan sawah. Kehidupan sosial ekonomi, mempunyai struktur yang telah berlangsung cukup lama yang dalam struktur sosial masyarakat disertai dengan seperangkat hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh masing-masing individu. Untuk melihat status sosial ekonomi seseorang maka perlu diperhatikan beberapa faktor seperti: pekerjaan, pendapatan, dan pendidikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana usaha-usaha petani padi di Gampong Empe Ara, bagaimana kehidupan sosial ekonomi petani padi Gampong Empe Ara dan bagaimana usaha yang dilakukan pemerintah terhadap petani padi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan informan berjumlah 13 orang. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan: usaha-usaha yang dilakukan oleh petani padi di Gampong Empe Ara dengan tahapan sebagai berikut: pengolahan lahan, seleksi benih, persemaian, penanaman, perawatan, dan pemupukan. Kehidupan sosial masyarakat Gampong Empe mayoritas penduduk terjadi secara turun-temurun adat dan kebiasaan turun-temurun, di dukung juga sebahagian besar penduduknya memiliki hubungan famili baik secara turun-temurun maupun akibat hubungan pernikahan diantara masyarakat di dalam Gampong itu sendiri, sehingga keadaan ini membuat tatanan kehidupan dan interaksi diantara masyarakat Gampong Empe Ara sangat kental dengan sikap solidaritas kebersamaan. Kehidupan ekonomi masyarakat Gampong Empe Ara Sebahagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani padi, buruh dan pertukangan dengan pendapatan rata-rata perbulan Rp 500.000 s/d 1.000.000. Peran pemerintah di Gampong Empe ara sejauh ini adalah dengan melakukan penyuluhan dan pembagian bibit terhadap petani padi. Kata Kunci: Petani padi, Kehidupan Sosial, Ekonomi, dan Budaya

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PETANI PADI (SUATU PENELITIAN DI GAMPOENG LAM BEUTONG, KECAMATAN INDRAPURI, KABUPATEN ACEH BESAR) (SUATU PENELITIAN DI GAMPOENG LAM BEUTONG, KECAMATAN INDRAPURI, KABUPATEN ACEH BESAR) (Feri Iswandi, 2014)

DINAMIKA SOSIAL EKONOMI PETANI KARET GAMPONG ALUE TAMPAK, KECAMATAN KAWAY XVI, KABUPATEN ACEH BARAT, 1986-2014 (yusnidar, 2015)

PENGARUH VARIABEL-VARIABEL PENYULUHAN TERHADAP PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH DI KECAMATAN TRIENGGADENG KABUPATENPIDIE JAYA (YUNIS, 2016)

EFEKTIVITAS PENYULUHAN PERTANIAN TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (AFRINAWATI, 2016)

FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI PEGAWAI NEGERI SIPIL DALAM BERUSAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN INDRAPURI ACEH BESAR (Necia, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy