//

IDENTIFIKASI PARASIT GASTROINTESTINAL PADA SAPI PERAH DI KOTA PADANG PANJANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MULKIAH HILMI - Personal Name
SubjectNEMATODA INFECTIONS - ANIMALS- VETERINARY MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis telur cacing dan protozoa gastrointestinal pada sapi perah yang ada di Kota Padang Panjang. Penelitian ini menggunakan sampel feses yang diambil dari 100 ekor sapi perah yang sedang dalam masa laktasi. Pengambilan sampel feses langsung diambil melalui rektum sapi kemudian dibawa ke Laboratorium Parasitologi Balai Veteriner Bukittinggi untuk dilakukan pemeriksaan. Pemeriksaan sampel dilakukan dengan menggunakan metode apung, metode McMaster dan metode sedimentasi modifikasi Borray. Hasil penelitian menunjukkan 83 sapi perah positif terinfestasi parasit gastrointestinal dengan intensitas infestasi ringan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 36 ekor (36%) sapi perah positif terinfestasi parasit gastrointestinal dengan jenis infestasi tunggal oleh Bunostomum sp.,Haemonchus sp., Fasciola gigantica dan Eimeria spp., 29 ekor (29%) infestasi ganda dan 18 ekor (18%) multi infestasi oleh 3 sampai 4 jenis parasit gastrointestinal. Kata Kunci : Sapi perah, parasit gastrointestinal

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KERAGAMAN LALAT PENGHISAP DARAH PADA SAPI PERAH DI KOTA PADANG PANJANG (Varhanno Khallifhatul Khanh, 2019)

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI PARASIT GASTROINTESTINAL TERNAK SAPI RAKYAT BERDASARKAN TINGKATAN UMUR DI KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE (Mulia Fitri, 2016)

INFEKSI PARASIT DARAH BABESIA SP., ANAPLASMA SP., DAN THEILERIA SP. PADA SAPI PERAH DI KOTA PADANG PANJANG (DHANY SEPTIADI DARMA, 2019)

PREVALENSI NEMATODA GASTROINTESTINAL PADA FESES GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI PUSAT KONSERVASI GAJAH (PKG) SAREE KABUPATEN ACEH BESAR (ZAKIYATURRIDHA, 2019)

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI PARASIT GASTROINTESTINAL TERNAK SAPI BERDASARKAN POLA PEMELIHARAAN DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (Cut desta morica, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy