//

UPAYA GURU MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD NEGERI 22 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Adelina - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Adelina, Cut. 2019. Upaya Guru Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV SD Negeri 22 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan danIlmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Muhammad Idham, S.Pd.,M.Ed. (2) Drs. Sulaiman, M.Si. Kata Kunci : upaya guru, keterampilan menulis, karangan deskripsi Dalam proses pembelajaran menulis karangan deskripsi dis sekolah upaya guru meningkatkan keterampilan menulis sangatlah penting demi tercapainya tujuan belajar yang telah ditetapkan. Penelitian ini berusaha mengungkapkan bagaimanakah upaya guru meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD Negeri 22 Banda Aceh?. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan upaya guru meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD Negeri 22 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang guru kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Seluruh data dari observasi dan wawancara diolah dengan tahap analisis data yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa sudah tergolong baik. Hal ini ditemukan peneliti melalui observasi dan wawancara. Diantaranya guru sudah melakukan beberapa upaya yaitu dengan menggunakan media gambar dan lingkungan sekolah, strategi berkelompok dan menceritakan kembali cerita yang telah dikarang menjadi karangan deskripsi oleh siswa, serta metode demonstrasi dan pengamatan objek. Simpulan dari penelitian ini ialahupaya guru meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media, metode, dan sumber belajar yang bervariasi seperti: (1) media gambar dan lingkungan sekolah; (2) metode demonstrasi dan pengamatan objek; serta (3) sumbel belajar berupa buku paket dan buku cerita bergambar, yang digunakan oleh guru sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN DESKRIPSI KELAS IV SDN 46 BANDA ACEH (Khatami Gunawan, 2019)

PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DENGAN TANPA MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SD NEGERI 3 BANDA ACEH (farha, 2015)

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD NEGERI IBOIH KABUPATEN PIDIE (ISMI, 2019)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH MENULIS KARANGAN NARASI DALAM BAHASA ACEH (MUSTABSYIRAH, 2015)

KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 BANDA ACEH (WILDA AZLINA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy