//

KADAR KREATININ DAN UREUM SETELAH IMPLAN WIRE SS316L DAN WIRE ALTERNATIF PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YULA ASTUTI - Personal Name
SubjectDENTAL IMPLANTS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Peningkatan kadar kreatinin dan ureum merupakan indikasi gangguan fungsi ginjal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar kreatinin dan ureum setelah implan wire SS316L dan wire alternatif pada tikus putih (Rattus norvegicus). Penelitian ini menggunakan 10 ekor tikus Wistar jantan yang dibagi menjadi 2 kelompok perlakuan, masing-masing kelompok terdiri dari 5 ekor tikus. Kelompok I (K-I) diimplan wire SS316L dan kelompok II (K-II) diimplan wire alternatif. Pengambilan darah melalui sinus orbitalis dilakukan pada hari ke-0 sebelum implantasi dan hari ke-7, 14, dan 21 setelah implantasi. Pemeriksaan kadar kreatinin dan ureum menggunakan biochemical analyzer dengan metode kinetik. Hasil penelitian menunjukkan terjadi awal dan akhir fluktuasi nilai kreatinin pada beberapa hari pengamatan dan penurunan nilai ureum. Penggunaan implan wire SS316L dan wire alternatif pada tikus putih menyebabkan peningkatan kreatinin dan penurunan ureum selama 21 hari pengamatan. Kata kunci : Kreatinin, ureum, wire, implan, tikus

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RADIOGRAFI TULANG FEMUR TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) SETELAH PEMASANGAN IMPLAN WIRE ALTERNATIF (YUDISTIRA, 2019)

PROFIL DARAH TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) SETELAH IMPLAN WIRE ALTERNATIF (AYU RAHMADANI, 2019)

KADAR UREUM DAN KREATININ KELINCI SETELAH PEMASANGAN IMPLAN PLATE MATERIAL LOGAM (AFDAL MAULANA, 2019)

EFEK PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL KAYU MANIS (CINNAMOMUN BURMANII NESS EX BI.) TERHADAP KADAR UREUM DAN KREATININ TIKUS PUTIH (RATTUS NOVERGICUS) (irna lisa anna, 2017)

PERBEDAAN KEKUATAN TARIK ANTARA WIRE ORTODONTI CEKAT NITI ALLOY (DITINJAU DARI RNMEREK YANG BERBEDA) (HIJRIA MARDHILLLA PIDADA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy