//

PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BERMAIN PASIR DI PAUD NURUL HIDAYAH GAMPONG LAMPUUK KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HERVIANA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Herviana. 2019. (Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Media Bermain Pasir Di PAUD Nurul Hidayah Gampong Lampuuk Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar). Skripsi, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Israwati, M.Si (2) Hijriati, M.Pd.I Kata kunci: Perkembangan, Motorik Halus, Anak Usia Dini, Pasir. Keterampilan motorik halus terkait erat dengan keterampilan tangan yang baik meliputi kemampuan untuk menggunakan tangan secara bersamaan dan mengontrol jari-jari tangan. Pasir merupakan media permainan edukatif yang penting dan mudah, anak bisa bereksplorasi sesuai dengan imajinasi dan kreativitasnya bahkan dengan tambahan bahan-bahan yang ada di sekitar. Bermain pasir dalam penelitian ini adalah anak bermain dengan menggunakan pasir sebagai media. Pasir digunakan oleh anak untuk menggambarkan sesuatu yang akan dicontohkan menggunakan ranting pohon. Hasil observasi awal di PAUD Nurul Hidayah Gampong Lampuuk Kecamatan Darussalam Aceh Besar, bahwa terdapat beberapa anak yang perkembangan motorik halusnya masih belum mencapai tingkat perkembangan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui media bermain pasir. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A usia 3-4 tahun berjumlah 10 orang anak. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan unjuk kerja. Perkembangan motorik halus yang dimaksud adalah bila anak sudah mampu menggambar di atas pasir sesuai dengan bentuk yang dicontohkan tanpa bantuan guru. Penelitian dilakukan dalam 3 kali pertemuan. Hasil pertemuan pertama perkembangan motorik halus anak melalui media bermain pasir menunjukkan belum ada anak yang mendapatkan bintang 3 berkembang sesuai harapan (BSH) dan 4 berkembang sangat baik (BSB). Pada pertemuan kedua anak sudah mendapatkan bintang 3 berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 2 orang anak, dan pada pertemuan ketiga anak sudah mendapatkan bintang 3 berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 5 orang anak dan bintang 4 berkembang sangat baik (BSB) sebanyak 2 orang anak. Maka dapat disimpulkan perkembangan motorik halus anak sudah berkembang sesuai dengan indikator pencapaian anak

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI PAUD NURUL HIDAYAH GAMPONG LAMPUUK (ALVI YUSELLA, 2018)

PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI INTERAKSI SOSIAL DENGAN TEMAN SEBAYA DI PAUD NURUL HIDAYAH DESA LAMPUUK KABUPATEN ACEH BESAR (Nurhabibah, 2016)

MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BAHAN BEKAS DI PAUD NURUL HIDAYAH DESA LAMPUUK KABUPATEN ACEH BESAR (Khairatul Husna, 2019)

MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MOTORIK HALUS ANAK MELALUI PENDEKATAN SENTRA BAHAN ALAM PADA KELOMPOK B PAUD NURUL HIDAYAH ACEH BESAR (Siti Hawa, 2016)

MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN PLASTISIN DI PAUD NURUL HIDAYAH DESA LAMPUUK KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Dila Fazilah, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy