//

PERBEDAAN REGULASI DIRI PADA MAHASISWA YANG BEKERJA DAN MAHASISWA YANG TIDAK BEKERJA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cita Permata Ananda - Personal Name

Abstrak/Catatan

Abstrak Regulasi diri adalah bentuk pengendalian diri dimana individu mampu tetap fokus dengan tujuannya.Mahasiswa memerlukan regulasi diri agar dapat mengatur semua kegiatannya, terutama padamahasiswa yang bekerja agar dapat menyeimbangkan kedua aktivitasnya yaitu kuliah dan bekerja.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan regulasi diri pada mahasiswa bekerja dan tidak bekerja di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah).Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Quota sampling. Subjek dalam penelitian ini Sebanyak 120 mahasiswa (60 mahasiswa bekerja dan 60 mahasiswa tidak bekerja) yang sedang menempuh pendidikan Strata 1 (sarjana). Pengumpulan data menggunakan The Short Self-Regulation Questionnaire (SSRQ) yang terdiri dari 31 pernyataan yang dikembangkan oleh Carey, Neal & Collins.Hasil analisis data menggunakan Independent samples t-test yang menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan regulasi diri pada mahasiswa bekerja dan mahasiswa yang tidak bekerja di Unsyiah dengan nilai Mean bekerja= 117,85 Mean Tidak Bekerja= 118,03, t (118)= -0,79 (p>0,05). Hasil penelitian menemukan bahwa sebagian besar mahasiswa bekerja dan tidak bekerja memiliki tingkat regulasi diri yang sedang. Semakin tinggi skor yang diperoleh individu pada SSRQ maka semakin tinggi regulasi diri individu.Sebaliknya, semakin rendah skor yang diperoleh maka semakin rendah kemampuan individu dalam meregulasi diri. Kata Kunci: Regulasi Diri, Mahasiswa Bekerja dan Tidak Bekerja, Universitas Syiah Kuala

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN REGULASI DIRI DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI DUNIA KERJA PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR UNIVERSITAS SYIAH KUALA (T. Riki Azhari, 2016)

HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DENGAN STRES PADA MAHASISWA YANG BERSTATUS MENIKAH DIRNUNIVERSITAS SYIAH KUALA (Dessy Agustia, 2014)

HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DENGAN PERENCANAAN KARIR PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH (Dinnatul Chairani, 2015)

HUBUNGAN KERJA PART-TIME TERHADAP CAPAIAN PENDIDIKAN MAHASISWA (STUDI KASUS MAHASISWA ANGKATAN 2013 FISIP UNSYIAH) (FITRIA, 2018)

HUBUNGAN REGULASI DIRI DENGAN PERILAKU CYBERLOAFING PADA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI BANDA ACEH (Indah Ayu Pertiwi, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy