//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTRODUCTION, CONNECTION, APPLICATION, REFLECTION, EXTENTION (ICARE)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMODINAMIKA KELAS XI-A1 SMA NEGERI 5 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cicia Yulianti. Mt - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Yulianti, Cicia. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Introduction, Connection, Application, Reflection, Extention (ICARE) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Termodinamika Kelas XI-A1 SMA Negeri 5 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Agus Wahyuni, M.Pd (2) Drs. Mustafa, M.Pd.,Ph.D Kata kunci: Model Pembelajaran ICARE, hasil belajar Penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Introduction, Connection, Application, Reflection, Extention (ICARE) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Termodinamika Kelas XI-A1 SMA Negeri 5 Banda Aceh” yang menjadi tujuan utama adalah untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas guru dan aktivitas siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran ICARE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa XI-A1 SMA Negeri 5 Banda Aceh tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 orang siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan statistik deskriptif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta lembar respon siswa terhadap model pembelajaran ICARE. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dalam penelitian ini diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara invidual dari siklus 1 ialah sebesar 33%, siklus 2 sebesar 67%, siklus 3 sebesar 93% dan secara keseluruhan ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan untuk setiap siklus ialah 30% pada siklus I, 70% pada siklus 2, dan 90% pada siklus 3. Hasil pengamatan aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan di setiap siklusnya,selanjutnya terjadi peningkatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dari kategori sedang menjadi sangat baik serta respon siswa cenderung positif dimana 100% siswa menyatakan memahami materi terhadap penerapan model pembelajaran ICARE. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ICARE dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Termodinamika di SMAN 5 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPELEMENTASI BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Irma Nusa Amanda, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (5E) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRIKELAS X MIA 3 SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Intan Mustika, 2015)

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MEDIA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI DI SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (WAHYUNI, 2013)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA OPERASI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Ida Nursanty, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy