//

WANPRESTASI KONTRAK KERJA KONSTRUKSI ANTARA KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN DENGAN PT. PUTRA NANGGROE ACEH (SEBUAH PENELITIAN DI PROYEK PEMBANGUNAN FISIK PUSAT RESTORASI PEMBELAJARAN MANGROVE DI SIMEULEU)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SYAWALIA NOVITA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Syawalia Novita 2019 Wanprestasi Kontrak Kerja Konstruksi Antara Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan PT. Putra Nanggroe Aceh (Sebuah Penelitian di Proyek Pembangunan Fisik Pusat Restorasi Pembelajaran Mangrove di Simeuleu) Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (vii,57) pp., bibl., app. Yusri, S.H., M.H Kontrak kerja konstruksi antara Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan PT. Putra Nanggroe Aceh untuk pekerjaan pembangunan Fisik PRPM di Simeuleu dengan nomor SP.1607/PPK/PL/IX/2015 menyatakan bahwa tanggal mulai kerja yang telah disepakati adalah pada tanggal 4 September 2015 dan pekerjaan tersebut harus dapat diselesaikan pada tanggal 2 Desember 2015. Dengan dilakukannya 3 (tiga) kali perubahan kontrak (addendum) yang disebabkan oleh beberapa faktor, mengakibatkan adanya perubahan waktu penyelesaian yaitu menjadi tanggal 30 Januari 2016. Namun setelah lewatnya waktu penyelesaian, pekerjaan tersebut belum juga selesai sehingga terjadi keterlambatan pada penyelesaian pekerjaan konstruksi. Pekerjaan konstruksi baru dapat diselesaikan pada tanggal 6 Februari 2016. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab wanprestasi, bentuk wanprestasi yang terjadi, dan upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi kendala dalam pelaksanaan kontrak kerja konstruksi untuk pembangunan fisik PRPM. Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris, yang dilakukan dengan cara menganalisis permasalahan di lapangan dengan melakukan wawancara juga mengacu kepada data kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab terjadinya wanprestasi adalah karena adanya kendala cuaca berupa curah hujan yang tinggi dan terus-menerus, kendala terhadap ketersediaan bahan material yang harus didatangkan dari luar kota, kendala terhadap masyarakat sekitar yang memblokade jalanan karena menginginkan pekerjaan dari proyek tersebut, dan kendala karena kegiatan yang dilakukan tidak sesuai jadwal. Bentuk wanprestasi yang terjadi adalah keterlambatan menyelesaikan pekerjaan sehingga menimbulkan kerugian bagi pengguna jasa yang mengharuskan penyedia jasa membayar denda atau sanksi. Upaya penyelesaian yang dilakukan adalah dengan melakukan musyawarah atau negosiasi sesuai dengan apa yang dicantumkan dalam Syarat-Syarat Umum Kontrak (SSUK) dan penyedia jasa tetap melakukan pembayaran denda atau sanksi seperti yang telah disepakati dalam kontrak kerja konstruksi. Disarankan agar masing-masing pihak yang terikat dalam kontrak kerja konstruksi memahami tetap menjalankan kewajiban-kewajibannya sebagaimana yang telah disepakati untuk menghindari terjadinya kerugian bagi pihak lainnya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

WANPRESTASI DALAM KONTRAK KERJA KONSTRUKSI ANTARA PT. BERKAH SALIM PERDANA DENGAN DINAS PENDIDIKAN ACEH (SUATU PENELITIAN DI PROYEK PEMBANGUNAN ASRAMA SISWA MTSS TGK. CHIK, KABUPATEN PIDIE) (Rachmad Firdaus, 2018)

WANPRESTASI DALAM KONTRAK KERJA KONSTRUKSI PEMBANGUNAN GEDUNG VERTICAL DRYER JAGUNG ANTARA DINAS PERTANIAN TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA PROVINSI ACEH DENGAN CV. HARKAT ANEUK NANGGROE (SUATU PENELITIAN DI COT GIREK KABUPATEN ACEH UTARA) (ZORA RIZ NADYA, 2016)

WANPRESTASI PIHAK PELAKSANA JASA KONSTRUKSI DALAM PELAKSANAAN KONTRAK KERJA KONSTRUKSIRN(SUATU PENELITIAN PADA PEKERJAAN PEMBANGUNAN MEULIGOE WALI NANGGROE DI KABUPATEN ACEH BESAR) (Riza Zafita Rizki, 2015)

PENERAPAN KOMPONEN BIAYA KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA KONTRAK PEMBANGUNAN GEDUNG DI ACEH (Nurnazli Auliani, 2019)

PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PELAKSANA JASA KONSTRUKSI TERHADAP PEMELIHARAAN BANGUNAN (SUATU PENELITIAN PADA PEKERJAAN PEMBANGUNAN MEULIGOE WALI NANGGROE DI KABUPATEN ACEH BESAR) (ayu maulida, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy