//

BAHASA TABU DALAM MASYARAKAT GAYO DI KABUPATEN BENER MERIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Silfita Yani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Yani, Silfita . 2019. Bahasa Tabu dalam Masyarakat Gayo di Kabupaten Bener Meriah Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Rajab Bahry, M.Pd. (2) Dr. Ramli, M.Pd. Kata Kunci: Masyarakat Gayo, Bahasa Tabu Penelitian ini berjudul “Bahasa Tabu dalam Masyarakat Gayo di Kabupaten Bener Meriah”. Masalah dalam penelitian ini adalah apa saja kata tabu dilihat dari penggolongan dan konteks saat menuturkannya dalam masyarakat Gayo di Kabupaten Bener Meriah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikanpenggolongan bahasa tabu dalam masyarakat Gayo di Kabupaten Bener Meriah. Sumber data penelitian ini adalah masyarakat penutur Gayo yang ditunjuk sebagai informan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan teknik simak libat cakap dan rekam, sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan mengelompokan data ke dalam kategori penggolongan bahasa tabu kemudian ditemukan jumlah bahasa tabu secara keseluruhan dan jumlah kata tabu dalam setiap katagori dalam Masyarakat Gayo di Kabupaten Bener Meriah. Hasil penelitian yang ditemukan yaitu keseluruhan kata 41 kata tabu, terdiri dari (1) tabu menyebut nama orang 15 kata, (2) tabu menyebut nama binatang 4 kata, (3) tabu menyebut nama anggota tubuh 3 kata, (4) tabu menyebut nama penyakit 4 kata, (5) tabu menyebut kata-kata tertentu 7 kata, dan (5) tabu menyebut sumpah serapah 8 kata.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KOSA KATA GAYO TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA SDN 2 LAMPAHAN BENER MERIAH (Evi Dahanum, 2015)

BAHASA TABU DALAM MASYARAKAT PIDIE (Junaidi, 2017)

ASIMILASI DAN PERGESERAN NILAI-NILAI SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT GAYO DI KECAMATAN PINTU RIME GAYO KABUPATEN BENER MERIAH (RAMADHAN, 2016)

DESKRIPSI BAHASA TABU DALAM MASYARAKAT TEUNOM KABUPATEN ACEH JAYA (Riza Mutia, 2018)

ANALISA KELAYAKAN INDUSTRI PENGOLAHAN KOPI ARABIKA GAYO DENGAN PENDEKATAN EKONOMI TEKNIK DI KABUPATEN BENER MERIAH (Mirza Saputra, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy