//

PENERAPAN HIGIENE DAN SANITASI PADA PENYEMBELIHAN HEWAN KURBAN TAHUN 2018 DI BEBERAPA GAMPONG DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Imam Aulia - Personal Name

Abstrak/Catatan

PENERAPAN HIGIENE DAN SANITASI PADA PENYEMBELIHAN HEWAN KURBAN TAHUN 2018 DI BEBERAPA GAMPONG DI KOTA BANDA ACEH ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menilai penerapan higiene dan sanitasi pada penyembelihan hewan kurban tahun 2018 di 17 Gampong di Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah data hasil survei penyembelihan hewan kurban tahun 2018 di Kota Banda Aceh. Data hasil survei dikelompokkan ke dalam tiga kategori. Kategori pertama adalah aspek tempat penampungan dan penyembelihan hewan kurban. Kedua adalah aspek proses penyembelihan hewan kurban dan ketiga adalah aspek penanganan karkas setelah penyembelihan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis form check list menunjukkan bahwa ketiga aspek yang dinilai mendapatkan hasil penilaian yang buruk. Berdasarkan kuisioner sekitar 65,6% tempat penyembelihan hewan kurban di Kota Banda Aceh belum memiliki kandang khusus penampungan hewan kurban sebelum disembelih. Sekitar 59,4% masyarakat Kota Banda Aceh membuang sisa isi perut dan usus ke selokan atau parit dan sungai. 56,3% proses pengemasan daging dan jeroan dikemas dalam satu kemasan yang sama. Dapat disimpulkan bahwa penyembelihan hewan kurban tahun 2018 di Banda Aceh belum menerapkan aspek higiene dan sanitasi, selain itu pengetahuan terkait pentingnya higiene dan sanitasi penyembelihan hewan kurban masih minim didapatkan oleh masyarakat di Kota Banda Aceh. Kata kunci: Higiene, sanitasi, penampungan, pemotongan, kurban

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN HIGIENE DAN SANITASI PADA PEMOTONGAN HEWAN KURBAN TAHUN 2018 DI KABUPATEN ACEH BESAR (Safrina Ramadiani, 2019)

ANALISIS DATA TENTANG ASPEK SANITASI PENYEMBELIHAN SAPI KURBAN DI KOTA BANDA ACEH TAHUN 2015 (T DEKY RIZQI AMANDA, 2017)

STUDI EVALUASI PEMOTONGAN HEWAN QURBAN DI KOTA BANDA ACEH DAN SEBAGIAN ACEH BESAR DARI ASPEK SANITASI DAN KESRAWAN (Tati Maulidya, 2018)

PENILAIAN KESEJAHTERAAN HEWAN PADA PEMOTONGAN HEWAN KURBAN TAHUN 2018 DI KABUPATEN ACEH BESAR (Siti Rohaya, 2019)

HIGIENE DAN SANITASI SUSU SAPI FRIESIAN HOLSTEIN BERDASARKAN ANGKA PALING MUNGKIN (APM ) ESCHERICHIA COLI DI KOTA PADANG PANJANG, SUMATERA BARAT (Azizah Zakiya, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy