//

PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2018

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT FASYA ZALISKA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kepuasan pasien adalah perbandingan antara harapan pasien dengan kenyataan yang dialami oleh pasien saat di rumah sakit. Ruang rawat inap salah satu ruang di rumah sakit, yang digunakan sebagai tempat perawatan pasien. Ruang rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin (RSUDAZA) Banda Aceh memiliki beberapa jenis ruang rawat inap, diantaranya: VIP, kelas I, kelas II, dan kelas III, dengan setiap ruangnya memiliki kondisi yang berbeda. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat VIP dan non VIP, perbandingan tingkat kepuasan antara kelas I, kelas II, dan kelas III, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan di setiap jenis ruang rawat yang diteliti. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan desain cross sectional. Total sampel pada penelitian ini adalah 160 sampel, dari 36 sampel pasien VIP, 36 sampel pasien kelas I, 36 sampel pasien kelas II, dan 52 sampel pasien kelas III. Hasil penelitian didapatkan bahwa perbandingan tingkat kepuasan antara pasien VIP dan non VIP p-value < 0,05. Sedangkan perbandingan antara pasien kelas I, kelas II, dan kelas III, p-value >0,05. Faktor yang mempengaruhi di seluruh jenis ruang rawat inap adalah faktor kebersihan dan kelengkapan fasilitas kamar mandi dan toilet. Kesimpulannya tingkat kepuasan antara pasien VIP dan non VIP berbeda. Sedangkan perbandingan antara kelas I, kelas II, kelas III tidak memiliki perbedaan. Kata kunci: Kepuasan Pasien, Perbedaan Tingkat Kepuasan, Ruang Rawat Inap, Kualitas Pelayanan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Athiril Jamal, 2016)

PERBANDINGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM MEURAXA DAN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK TAHUN 2013 (Fauzan Safwandi, 2013)

STUDI KOMPARATIF PEMENUHAN SPIRITUAL PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM PRIA DAN WANITA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (RIZATUL HUSNA, 2015)

TINGKAT KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN FAKTOR DEMOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMENT SERVQUAL DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Ratna Juwita, 2018)

PERBANDINGAN KEPUASAN ANTARA PASIEN ASURANSI KESEHATAN (ASKES) DANRNJAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) DI RUANG RAWAT INAP KELASRNIII RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (SISKA SRI REZKI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy