//

PERAN AKTIF MASYARAKAT DALAM MELINDUNGI ANAK USIA DINI DARI KEKERASAN DI GAMPONG JAWA, KUTA RAJA, BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ewa Rolanda - Personal Name
SubjectEARLY CHILDHOOD EDUCATION - PHILOSOPHY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rolanda, Ewa. 2019. Peran Aktif Masyarakat dalam Melindungi Anak Usia Dini dari Kekerasan di Gampong Jawa, Kuta Raja, Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Bahrun, M.Pd. (2) Rosmiati, S.Pd.I., M.Ed. Kata Kunci: Peran Aktif Masyarakat, Perlindungan, Kekerasan, Anak Usia Dini. Peran aktif masyarakat adalah suatu kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh sekelompok orang dan dilaksanakan secara aktif untuk melindungi anak usia dini dari segala bentuk kekerasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran aktif yang dilakukan oleh masyarakat dengan tujuan untuk melindungi anak dari kekerasan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi yang menjadi tempat penelitian yaitu di Gampong Jawa, Kecamatan Kuta Raja, Kota Banda Aceh. Subjek yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah keuchik, ketua tuha peut, sekretaris PKK dan ketua pemuda Gampong Jawa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan analisis dokumen. Teknik analisis data menggunakan 3 komponen, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran aktif masyarakat Gampong Jawa, Kecamatan Kuta Raja, Kota Banda Aceh dalam perlindungan anak usia dini berupa kegiatan-kegiatan rutin yang dilakukan seperti di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, posyandu, balai-balai pengajian dan adanya keikutsertaan organisasi/komunitas yang dilaksanakan oleh sekelompok mahasiswa di Gampong Jawa, Kecamatan Kuta Raja, Kota Banda Aceh. Peran aktif masyarakat memberikan dampak positif yaitu berkurangnya jumlah kasus kekerasan yang terjadi pada anak, meningkatnya pemahaman masyarakat tentang kekerasan anak, banyaknya dukungan yang didapat dari berbagai lembaga dan kalangan masyarakat tentang penyelenggaraan kegiatan positif di Gampong Jawa dan meningkatnya pemahaman orang tua tentang pentingnya mengetahui perkembangan dan hambatan yang terjadi pada anak.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN PERAN DI PAUD TAHFIZH ANAK BANGSA KOTA BANDA ACEH (Indayani, 2017)

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI PAUD AL-HIDAYAH MEUSARA AGUNG (Mardiana, 2018)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERNYANYI DI PAUD MADANI GAMPONG ATEUK JAWO KECAMATAN BAITURRAHMAN BANDA ACEH (Dika Yulia Sartika, 2018)

MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI RAUDHATUL ATHFAL CUT NYAK DHIEN GAMPONG ACEH KABUPATEN ACEH TIMUR (CUT FITRAH, 2018)

MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI PAUD NURUL HIDAYAH GAMPONG LAMPUUK (ALVI YUSELLA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy