//

RESISTENSI ESCHERICIA COLI YANG DIISOLASI DARI FESES SAPI ACEH TERHADAP SEJUMLAH ANTIBIOTIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang WILA RISMA - Personal Name

Abstrak/Catatan

RESISTENSI Eschericia coli YANG DIISOLASI DARI FESES SAPI ACEH TERHADAP SEJUMLAH ANTIBIOTIK ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resistensi Eschericia coli yang diisolasi dari feses sapi aceh terhadap sejumlah antibiotik. Metode deteksi E. coli mengacu pada metode carter dan metode difusi cakram menurut Kirby Bauer. Penelitian ini menggunakan 30 sampel feses sapi aceh yang diperoleh dari hasil swab anus yang selanjutnya menggunakan 3 koloni bakteri dengan 3 kali pengulangan, sehingga pada uji resistensi menggunakan 9 sampel. Antibiotik yang digunakan yakni amoksisilin, penisilin, eritromisin, kloramfenikol, tetrasiklin, dan streptomisin. Data diolah secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antibiotik dengan interpretasi resisten didapatkan hasil 9 isolat resisten terhadap streptomisin, eritromisin, dan penisilin. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa E. coli yang diisolasi dari feses sapi aceh menunjukkan tingkat resistensi yang sangat tinggi dari 9 sampel yang diuji yaitu streptomisin 100% (9/9), penisilin 100% (9/9), dan eritromisin 100% (9/9). Sensitif terhadap antibiotik kloramfenikol 100% (9/9), tetrasiklin 66%(6/9), dan amoksilin 33% (3/9). Kata kunci: Eschericia coli, resisten, sapi aceh

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DETEKSI RESISTENSI BAKTERI ESCHERICHIA COLI SEBAGAI PENYEBAB MASTITIS PADA SAPI PERAH TERHADAP ANTIBIOTIK DI DESA PUJON KABUPATEN MALANG (Andi Rosman Arfan Ar., 2015)

UJI RESISTENSI ISOLAT SALMONELLA SP DARI FESES SAPI ACEH TERHADAP BEBERAPA ANTIBIOTIK (YUSUF MARCELINO, 2019)

RESISTENSI ESCHERICHIA COLI YANG DIISOLASI DARI TELUR AYAM DI BEBERAPA WARUNG KOPI KAWASAN DARUSSALAM KECAMATAN SYIAH KUALA, BANDA ACEH TERHADAP ANTIBIOTIK (M. Arif Al Furqan, 2018)

RESISTENSI ESCHERICHIA COLI TERHADAP ANTIBIOTIK DARI DAGING AYAM BROILER DI PASAR RUKOH (Akmal Mukti, 2017)

UJI RESISTENSI SALMONELLA SP YANG DIISOLASI DARI AIR DI LINGKUNGAN KANDANG TERNAK SAPI ACEH (FITRI WULAN SARI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy