//

PENERAPAN WEBSERVICE UNTUK MENINGKATKAN INTEROPERABITAS MIDDLEWARE SIP2

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muammar Kadafi - Personal Name
SubjectNETWORK DATABASES - COMPUTER SCIENCE
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Elektro Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Middleware SIP2 merupakan aplikasi yang membantu mesin peminjaman mandiri dalam mengelola transaksi peminjaman dan pengembalian. Aplikasi ini menghubungkan komunikasi antara mesin peminjaman mandiri dengan aplikasi automasi. Penerapan aplikasi ini sudah pernah dilakukan pada perpustakaan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dengan menggunakan aplikasi SLiMS sebagai aplikasi automasinya. Selain Unsyiah, perpustakaan daerah Aceh juga menggunakan mesin peminjaman mandiri dengan INLISLite sebagai aplikasi automasinya. Kedua instansi tersebut menggunakan middleware SIP2 sebagai penghubung antara mesin peminjaman mandiri dengan aplikasi automasi. Namun, karena struktur database yang terdapat pada aplikasi SLiMS dan aplikasi INLISLite berbeda, sehingga membuat middleware SIP2 yang diterapkan pada keduanya juga ikut berbeda. Permasalahan akan muncul jika terjadi perubahan pada struktur database aplikasi automasinya, baik karena migrasi ke aplikasi automasi yang lain atau terjadi perubahan versi dari versi yang lama ke versi yang baru. Oleh karena itu pada penelitian ini, peneliti mengusulkan penerapan webservice REST pada aplikasi middleware SIP2. Webservice dipilih sebagai media untuk menginteroperabilitaskan aplikasi middleware SIP2 karena webservice adalah sebuah teknologi jaringan yang dapat menciptakan kemampuan berinteraksi dengan aplikasi yang berbeda melalui jaringan dengan mengirimkan pesan diantara keduanya. Sedangkan penggunaan REST menjadi pilihan karena webservice yang menggunakan arsitektur REST memiliki throughput dan response time yang lebih baik dari pada SOAP. Metode pengujian yang digunakan adalah metode pengujian blackbox, whitebox dan waktu respon. Penerapan webservice REST pada aplikasi middleware SIP2 secara umum akan menurunkan performa middleware SIP2. Namun, hal ini tidak terlalu signifikan jika dibandingkan dengan hasil yang didapat yaitu dengan meningkatnya kemampuan interoperabilitas middleware SIP2

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERFORMANCE ANALYSIS OF COMPUTER CLUSTERS AND NON-CLUSTER (Aridhatullah, 2015)

PENGEMBANGAN MIDDLEWARE SIP2 UNTUK KOMUNIKASI SELF LOAN STATION BERBASIS RFID DENGAN DATABASE SLIMS (SYUKRAN, 2016)

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI MIDDLEWARE UNTUK PENGINTEGRASIAN SECURITY GATE DENGAN SLIMS (Afdhal, 2017)

PENGARUH FAKTOR DEMOGRAFI, COMPUTER SELF EFFICACY DAN COMPUTER ANXIETY DALAM PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS KOMPUTER TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BAPPEDA PROVINSI ACEH (Romi Maulana , 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTSN BEUREUNUEN KABUPATEN PIDIE (Noni Anggraini, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy