//

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI MTSN 4 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURUL FITRI - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
TEACHING METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRGA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Kemampuan representasi matematis yang dimiliki peserta didik belum berkembang dengan baik. Hal ini terlihat dari peserta didik yang tidak dapat memenuhi semua indikator kemampuan representasi matematis dalam menyelesaikan masalah matematika. Rendahnya kemampuan representasi matematis mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Strategi pembelajaran yang diharapkan dapat mengembangkan kemampuan representasi matematis yaitu model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning di kelas VIII MTsN 4 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian True Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 4 Banda Aceh yang terdiri atas lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan diperoleh kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-5 sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas sebanyak 30 siswa. Data penelitian ini yaitu hasil tes kemampuan representasi matematis siswa yang dikumpulkan melalui tes berupa soal essay yang terdiri atas empat soal yang sudah relevan dengan indikator-indikator kemampuan representasi matematis. Hasil tes kemampuan representasi matematis siswa pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata 62 dan pada kelas kontrol 48. Analisis data dengan uji-t pihak kanan pada taraf signifikan α = 0,05 dengan derajat kebebasan dk = 58 diperoleh t_tabel=1,67, sehingga t_hitung=3.83 > 〖1,67=t〗_tabel berakibat terjadi penolakan terhadap H_0. Hal ini dapat dikatakan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan model PBL lebih baik dari pada pembelajaran konvensional pada materi sistem persamaan linear dua variabel di MTsN 4 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Yuni Herdiana, 2018)

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI MTSN 4 BANDA ACEH (NURUL FITRI, 2019)

PERKEMBANGAN UPAYA GURU MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP (SITI RAHMAH, 2019)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Nurul Fitri, 2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Cut Masturi, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy