//

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERNUANSA ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DI SEKOLAH DASAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURFADHILLAH - Personal Name
Fakultas Fakultas Pascasarjana
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Matematika tidak terlepas dari kehidupan beragama khususnya agama Islam. Namun Pembelajaran matematika selama ini diajarkan secara mekanistik, hanya mengedepankan kemampuan berhitung saja, tanpa mampu menghubungkan apa yang dipelajari untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Sesuai data yang di keluarkan oleh PISA pada tahun 2015, peserta didik Indonesia tidak mampu memodelkan situasi nyata ke dalam bentuk matematika yang terdapat dalam soal PISA. Berdasarkan hal tersebut penulis ingin meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik melalui penelitian yang berjudul “Pengembangan Perangkat pembelajaran Matematika Realistik Bernuansa Islami untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Peserta didik di Sekolah Dasar’.Tujuan utama rancangan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika realistik bernuansa Islami untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang valid, praktis dan efektif di Sekolah Dasar. Subjek Penelitian adalah Peserta didik Kelas V SD IT Cendekia Darussalam Kabupaten Aceh besar yang berjumlah 20 peserta didik. Hasil penelitian ini menyimpulkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis dan efektif. Rata-rata tingkat kevalidan perangkat adalah 3,7; rata-rata kepraktisan adalah 3,5 dan lebih dari 80 % peserta didik memberikan respon positif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Matematika Realistik, Kemampuan Komunikasi Matematis

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (Muhammad Ridha, 2017)

PENERAPAN PENDEKATAN SAVI DAN PENDEKATAN REALISTIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP (Asmaul Husna, 2016)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI MELALUI ELPSA FRAMEWORK BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (LIZA RAHMAH, 2018)

PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) (NANI SURYANI, 2018)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA GAYO DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA (ZUHRA RUHMI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy