//

PREVALENSI CACING GASTROINTESTINAL PADA USUS ITIK (ANAS DOMESTICUS) YANG DIPOTONG DI PASAR PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NOVIA HERENA PERANGINANGIN - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat telur, larva, dan cacing dewasa serta prevalensi cacing gastrointestinal pada usus itik di bagian duodenum dan jejunum. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2018 sampai Januari 2019. Pemeriksaan cacing gastrointestinal pada usus itik menggunakan metode natif dan sentrifus. Dari semua sampel tersebut ditemukan 4 cacing dewasa dan 4 jenis telur cacing dari kelas Nematodadan Cestoda. Cacing dewasa yang ditemukan dari kelas Cestodayaitu Fimbriariasp, Raillietinasp, dan Hemynolepissp. Telur cacing yang ditemukan dari kelas Nematodayaitu Ascaridiasp, Heterakissp, dan Capillaria sp, sedangkan dari kelas Cestodaditemukan Hymenolepissp dan Fimbriaria sp. Dari hasil penelitian ditemukan 33 ekor itik yang terinfeksi cacing gastrointestinal dengan prevalensi 55 %. Pada bagian usus duodenum dengan prevalensi 15 % dan pada bagian jejunum 40 %. Pada bagian duodenum didominasi oleh cacing dari kelas Nematoda (11,67 %) terdiri dari genusAscaridia sp(6,67 %), Capillaria sp(3,33 %) dan Heterakis sp(1,67 %). Sedangkan infeksi dari kelas Cestodadari genus Hymenolepissp memiki prevalensi 3,33 % dan ditemukan infeksi campuran antara kelas Nematodadan Cestoda(6,67 %). Pada bagian usus jejunum didominasi semua oleh cacing cestoda dengan prevalensi 40 % yang terdiri dari genus Hymenolepissp (36,67%), Fimbriariasp (1,67 %) dan Raillietina sp(1,67 %). Kata kunci: Itik, nematoda, cestoda, dan gastrointestinal.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI CANDIDA SP PADA TEMBOLOK AYAM KAMPUNG (GALLUS GALLUS DOMESTICUS) DAN ITIK (ANAS PLATYRHYNCHOS DOMESTICUS) (NUR RAHMI, 2019)

IDENTIFIKASI PARASIT NEMATODA PADA USUS HALUS BABI (SUS SCROFA DOMESTICUS) DI RUMAH POTONG HEWAN MEDAN SUMATERA UTARA (AGNES YESENIA S, 2017)

JUMLAH SEL MAST PADA USUS HALUS AYAM KAMPUNG (GALLUS DOMESTICUS)YANG TERINFEKSI CACING ASCARIDIA GALLI SECARA ALAMI (Via Aryani, 2015)

GAMBARAN HISTOPATOLOGIS USUS HALUS AYAM KAMPUNG (GALLUS DOMESTICUS) YANG TERINFEKSI ASCARIDIA GALLI SECARA ALAMI (Cut Syeila Utami, S.kh, 2015)

PREVALENSI NEMATODA GASTROINTESTINAL PADA FESES GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI PUSAT KONSERVASI GAJAH (PKG) SAREE KABUPATEN ACEH BESAR (ZAKIYATURRIDHA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy