//

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP ANAK DI LUAR NIKAH DI DESA BABUL MAKMUR KECAMATAN SIMEULUE BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nur Faisah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nur Faisah, 2019. Persepsi Masyarakat Terhadap Anak Di Luar Nikah Di Desa Babul Makmur Kecamatan Simeulue Barat. Skripsi, Jurusan pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Erna Hayati, SH., M.Hum (2) Dr. Sanusi, S.Pd., M.Si. Kata kunci: Persepsi, masyarakat, anak di luar nikah. Salah satu tujuan membentuk keluarga ialah untuk melahirkan keturunan, yaitu anak. Berdasarkan latar belakang diatas peneliti mendapatkan rumusan Masalah. (1) bagaimana persepsi masyarakat tentang keberadaan anak di luar nikah di Desa Babul Makmur Kecamatan simeulue barat.(2) apakah masyarakat dapat menerima keberadaan anak di luar nikah di Desa Babul Makmur Kecamatan simeulue barat. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat tentang keberadaan anak di luar nikah di desa Babul Makmur Kecamatan Simeulue Barat. (2) untuk mengetahui Apakah masyarakat dapat menerima keberadaan anak di luar nikah di desa Babul Makmur Kecamatan Simeulue Barat. penelitian ini ialah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis-jenis deskriptif. Lokasi penelitian di Desa Babul Makmur Kecamatan Simeulue Barat, penelitian ini menggunakan metode wawancara. Subjek penelitian berjumlah 10 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Persepsi masyarakat Desa Babul Makmur tentang keberadaan anak di luar nikah kurang baik, karena atas perbuatan orang tua yang melakukan hubungan diluar pernikahan adalah perbuatan tercela dan dianggap sebagai aib, namun status anak tidak direndahkan oleh masyarakat. Anak yang dilahirkan itu juga dapat berinteraksi sosial dengan baik tanpa membatasi pergaulannya dan tetap berkembang seperti anak-anak pada umumnya bahkan ada yang sudah melanjutkan jenjang pendidikan dan menikah. (2) keberadaan anak diluar nikah dapat diterima oleh masyarakat Desa Babul Makmur yaitu dengan memperlakukan anak tersebut sama dengan anak-anak lainnya, masyarakat lebih mengharapkan perhatian penuh kepada orang tua untuk membimbing anak dengan baik dan mendekatkan dengan ilmu agama agar tidak ditiru oleh generasi lainnya. Status sah dianggap apabila telah melakukan pernikahan baik di mata agama dan negara. Saran (1) Bagi orang tua diharapkan dapat mengontrol pergaulan anak karena penyebab terjadinya kelahiran anak di luar nikah antara lain: kurangnya perhatian, kurangnya pengawasan orang tua, kurangnya pemahan agama, dan lingkungan, serta kemujuan teknologinya dapat mempengaruhi tingkalaku anak kepada orang tua diharapkan menanamkan pendidikan agama kepada anak dalam kehidupan sehari-hari serta memberikan pengetahuan seks sejak dini agar mereka paham akan bahaya seks bebas, yang dapat merusak masadepan mereka. (2) Kepada seluruh elemen masyarakat/pemimpin agama harus berperan mengawasi dan mengontrol pergaulan masyarakat agar tidak melakukan tindakan yang menyimpang dari norma yang belaku dalam masyarakat. diharapkan sanksi tegas tehadap pelaku perzinahan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI MASYARAKAT TEUPAH BARAT TERHADAP TOKOH CERITA SI BAKUDO BATU DI KECAMATAN TEUPAH BARAT KABUPATEN SIEMEULUE (Rinda, 2016)

TURIS ASING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT SIMEULUE (STUDI DI DESA MAUDIL KECAMATAN TEUPAH BARAT) (Romi Fandayani, 2017)

PEMBINAAN MASYARAKAT TRANSMIGRASI DAN PROSES INTERAKSI ANTARA MASYARAKAT TRANSMIGRASI DENGAN MASYARAKAT DI DESA SIGULAI KECAMATAN SIMEULU BARAT (Wiraya Fitri, 2019)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PEMERINTAHAN DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT (NOVI ZULFIATI, 2016)

PERSEPSI TOKOH MASYARAKAT TERHADAP RENCANA PEMEKARAN KABUPATEN SELAUT BESAR DI WILAYAH KABUPATEN SIMEULUE (RIZKI ARDINATA AR., 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy