//

PENGARUH DAYA DUKUNG FASILITAS TERHADAP AKTIVITAS PENDARATAN IKAN DI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) SAWANG BA’U

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Riyaldi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Daya dukung fasilitas sangat berpengaruh terhadap kelancaran aktivitas pendaratan ikan di pelabuhan perikanan. Aktivitas bongkar yang terjadi di PPI Sawang Ba’u sangat padat yang mengakibatkan terjadi antrian proses pendaratan ikan. Hal ini disebabkan karena jumlah dan ukuran kapal ikan di PPI Sawang Ba’u sudah melampaui kapasitas. Selain itu kondisi fasilitas yang berkaitan dengan pendaratan ikan juga kurang baik, seperti terjadinya pendangkalan pada kolam labuh dan kondisi dermaga yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi aktual fasilitas dan aktivitas di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Sawang Ba’u dan melihat pengaruh daya dukung fasilitas terhadap aktivitas pendaratan ikan di PPI Sawang Ba’u. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 bulan pada bulan Juni 2018. Penelitian dilakukan dengan metode survey menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel responden sebanyak 21 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh daya dukung fasilitas terhadap aktivitas pendaratan ikan. Hal ini dilihat dengan adanya beberapa fasilitas yang memiliki fasilitas yang kurang memadai seperti panjang dermaga yang seharusnya 45 m dan kolam labuh seharusnya adalah 34.872,64 m². Hal ini dilakukan mengingat jumlah dan ukuran kapal di PPI Sawang Ba’u sudah melampaui kapasitas PPI. Hasil pernghitungan tersebut membuktikan bahwa fasilitas dan aktivitas pendaratan ikan dan proses pembongkoran hasil tangkapan dapat berjalan dengan baik dan lancar apabila didukung oleh ketersediaan fasilitas yang memadai, baik dari segi ketersediaan jumlahnya maupun jenis fasilitas yang digunakan. Bila kapasitas fasilitas yang tersedia tidak memadai dari yang dibutuhkan maka aktivitas pendaratan ikan dapat terhambat. Kata Kunci: Daya dukung fasilitas, kapasitas fasilitas, PPI Sawang Ba’u.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STANDARISASI STATUS PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI)UJUNG SEURANGGA DI KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (DYVA MAHDA WAHYUNI, 2018)

ANALISIS ASPEK AKTIVITAS DI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) SAWANG BA’U KABUPATEN ACEH SELATAN (Kurniawan Fazri, 2018)

TINGKAT PELAKSANAAN FUNGSI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) UJONG BAROH KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT (Cici Dianita, 2017)

KEANEKARAGAMAN DAN KELIMPAHAN JENIS IKAN DI ESTUARI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) LAMBADA LHOK, ACEH BESAR (Feti Ramadani, 2019)

PENGARUH WAKTU LINGKAR ALAT TANGKAP PUKAT CINCIN (PURSE SEINE) TERHADAP HASIL TANGKAPAN DI PERAIRAN SAWANG BA’U ACEH SELATAN (Muhammad Yanis, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy