//

PERAN PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) LHOK BENGKUANG DALAM MENDUKUNG KEGIATAN PRA DAN PASCA PRODUKSI PENANGKAPAN IKAN DI KECAMATAN TAPAKTUAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD HABIBIE - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Fasilitas yang tersedia di PPI Lhok Bengkuang saat ini belum dimanfaatkan oleh nelayan secara optimal, baik itu fasilitas pokok, fungsional maupun penunjang. Kondisi ini juga semakin kurang kondusif karena terjadi penggabungan fasilitas pasar sayur, perikanan, dan rencana pembangunan terminal dalam waktu dekat di PPI Lhok Bengkuang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi terkini pemanfaatan fasilitas pelabuhan dan aktivitas pra dan pasca produksi penangkapan ikan di PPI Lhok Bengkuang serta mengetahui keterkaitan fasilitas dan aktivitas dalam menunjang kelancaran aktivitas pra dan pasca produksi penangkapan ikan di PPI Lhok Bengkuang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Mei 2018. Metode yang digunakan adalah metode survey. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan wawancara. Kondisi aktual fasilitas dan aktivitas ini dilakukan secara deskriptif, menggunakan analisis teknis dan tingkat pemanfaatan fasilitas, serta keterkaitan fasilitas dan aktivitas dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan fasilitas yang terdapat di PPI Lhok Bengkuang secara berturut-turut antara lain kolam pelabuhan 100%, pabrik es 100%, kios nelayan 66,6%, SPDN 61,7%, gedung TPI 58,7%, dermaga 8,3% dan tangki air 0%, serta perlu adanya peningkatan kapasitas fasilitas seperti peningkatan panjang dermaga sebesar 51,30 m dan luas kolam pelabuhan sebesar 49.206,43 m². Aktivitas pra dan pasca produksi penangkapan ikan di PPI Lhok Bengkuang memiliki rata-rata persentase tingkat kelancaran aktivitas berdasarkan hasil wawancara yaitu sebesar 45,28% yang berarti aktivitas tidak lancar. Hal ini menunjukkan bahwa pelabuhan belum cukup berperan dalam mendukung aktivitas pra dan pasca produksi penangkapan ikan di PPI Lhok Bengkuang, sehingga fasilitas-fasilitas yang ada di PPI Lhok Bengkuang sebaiknya diperbaiki dan ditingkatkan, serta fasilitas yang belum dioperasikan segera difungsikan kembali agar peran aktivitas pra dan pasca produksi penangkapan ikan di PPI Lhok Bengkuang menjadi optimal. Kata Kunci: Pangkalan pendaratan ikan, tingkat pemanfaatan, PPI Lhok Bengkuang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STANDARISASI STATUS PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI)UJUNG SEURANGGA DI KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (DYVA MAHDA WAHYUNI, 2018)

ANALISIS ASPEK AKTIVITAS DI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) SAWANG BA’U KABUPATEN ACEH SELATAN (Kurniawan Fazri, 2018)

STUDI PERANAN PANGKALAN PSDKP LAMPULO TERHADAP UPAYA PENCEGAHAN DAN PENGAWASAN ILLEGAL FISHING DI PERAIRAN ACEH (Cut Rifka Maulida, 2017)

KAJIAN EFEKTIVITAS PEMANFAATAN RUMPON SEBAGAI ALAT BANTU PENANGKAPAN IKAN DI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) PUSONG (Heri Rahmadani, 2018)

TINGKAT PELAKSANAAN FUNGSI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) UJONG BAROH KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT (Cici Dianita, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy