//

PERAN NEUTROPHIL LYMPHOCYTE RATIO SEBAGAI PREDIKTOR MORTALITAS PADA PASIEN SEPSIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dr. Imelda - Personal Name
SubjectCOMMUNICABLE DISEASES - HUMANS
NEUTROPHILS - HUMAN IMMUNOLOGY
SEPTICEMIA - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK PERAN NEUTROPHIL LYMPHOCYTE RATIO SEBAGAI PREDIKTOR MORTALITAS PADA PASIEN SEPSIS Latar Belakang Morbiditas yang dilaporkan karena sepsis terus meningkat, sepsis berat dan syok sepsis adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Salah satu prinsip dasar untuk manajemen sepsis yang tepat adalah deteksi dini dan akurat pada pasien risiko tinggi untuk kematian. Berbagai biomarker untuk diagnosis dan prognosis sepsis telah banyak dieksplorasi dan hanya beberapa yang diterapkan dalam praktek klinis, sehingga masih perlu dilakukan pencarian penanda infeksi lain. Salah satu respons fisiologis sistem imunitas terhadap inflamasi sistemik adalah peningkatan jumlah neutrofil serta penurunan jumlah limfosit. Tujuan Untuk Menilai peran NLR sebagai prediktor mortalitas pasien sepsis di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh . Metode Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan kohort retrospektif untuk menilai peran Neutrophil Lymphocyte Ratio sebagai prediktor mortalitas pada pasien sepsis. Total sampel yang dianalisa adalah 149 pasien yang memenuhi kriteria inklusi. Pengaruh nilai NLR terhadap mortalitas dianalisis dengan menggunakan metode regresi logistik. Kurva Receiver Operating Characteristic (ROC) digunakan untuk menafsirkan sensitivitas dan spesifisitas dan menentukan nilai cut-off NLR. Hasil Pasien yang meninggal memiliki rata-rata NLR yang lebih tinggi dibandingkan pasien hidup pada hari pertama yaitu 17,49 dan 14,11 (p=0,113), maupun setelah hari ketiga sampai hari kelima perawatan yaitu 16,99 dan 7,43(p=

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN KADAR BERSIHAN LAKTAT SEBAGAI PREDIKTOR MORTALITAS SEPULUH HARI PERTAMA PADA PASIEN SEPSIS BERAT DI RSUD. DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Maulina Debbyousha, 2015)

HUBUNGAN EOSINOPENIA SEBAGAI PREDIKTOR MORTALITAS PASIEN SEPSIS DI RUMAH SAKIT UMUM DR ZAINOEL ABIDIN (Dhanang Ali Yafi, 2016)

HUBUNGAN PROTEINURIA DENGAN MORTALITAS SEPSIS DI RUMAH SAKIT DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (NOLA SAPRIYELNA ANAS, 2017)

HUBUNGAN RASIO NEUTROFIL LIMFOSIT DENGAN KEMAMPUAN ACTIVITIES OF DAILY LIVING PADA PASIEN STROKE ISKEMIK AKUT (Siti Sarah, 2017)

ANALISIS TROMBOSITOPENIA SEBAGAI FAKTOR RISIKO KEMATIAN PASIEN SEPSIS DI RSUDZA BANDA ACEH (RESTY FAJRINA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy