//

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SMP MELALUI MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN MENGGUNAKAN GAME MATEMATIKA ONLINE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Andriani - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
EDUCATIONAL MEDIA
TEACHING METHODS
MOTIVATION - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Andriani (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Motivasi Siswa SMP melalui Model Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Menggunakan Game Matematika Online. Kemampuan pemahaman matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam proses belajar matematika. Dengan kemampuan pemahaman matematis, siswa dapat mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah dalam matematika sehingga akan menjadikan siswa mampu menguasai matematika dengan baik. Disamping kemampuan pemahaman matematis, ada faktor lain yang menyebabkan kurang berhasilnya siswa dalam pembelajaran matematika, yaitu kurangnya motivasi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui model MMP dengan menggunakan game matematika online dan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional; (2) perbedaan peningkatan motivasi siswa yang memperoleh pembelajaran melalui model MMP dengan menggunakan game matematika online dan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional; (3) interaksi antara model pembelajaran dengan level siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa; (4) interaksi antara model pembelajaran dengan level siswa terhadap peningkatan motivasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Arun Lhokseumawe yang terdiri atas lima kelas. Sebagai sampel terpilih kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol..Instrumen penelitian adalah tes berbentuk soal uraian, angket motivasi dan lembar observasi. Analisis data dilakukan terhadap rataan n-gain ternormalisasi dengan menggunakan uji-t dan uji anava. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui model MMP dengan menggunakan game matematika online lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional; (2) peningkatan motivasi siswa yang memperoleh pembelajaran melalui model MMP dengan menggunakan game matematika online lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional; (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan level siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa; (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan level siswa terhadap peningkatan motivasi siswa. Kata Kunci: Model Missouri Mathematics Project (MMP), Game Matematika Online, Kemampuan Pemahaman Matematis, dan Motivasi Siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAME EDUKASI MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR (Bengimi Bensu, 2019)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH 8 (Ulfanuriza, 2018)

PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI INTEGRAL (Desi Aria Mustika, 2019)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA (NURUL AUFA, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN PETA KONSEP (Mauliana, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy