//

ANALISIS PENGARUH AKTIVITAS PARKIR TERHADAP TINGKAT PELAYANAN JALAN SUKA RAMAI KOTA LHOKSEUMAWE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUZAKIR - Personal Name
SubjectROADS - ENGINEERING
PARKING FACILITIES
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Jalan Suka Ramai merupakan salah satu jalan lokal dengan panjang 0,56 km yang memiliki peran penting dalam mendukung perkembangan sektor perdagangan dan jasa di wilayah Kota Lhokseumawe. Penggunaan ruang parkir yang tidak teratur dan pedagang kaki lima (PKL) yang menggunakan lahan parkir sebagai tempat berjualan menyebabkan kemacetan di hampir sepanjang jalan tersebut.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh parkir dan hambatan samping yang menyebabkan terganggunya arus lalu lintas jalan sehingga kinerja jalan tidak sesuai dengan yang disyaratkan. Analisis kinerja jalan ini menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Permen PU No. 19 tahun 2011 dan Permen No. 34 tahun 2006 tentang jalan.Ada dua data yang dibutuhkan pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder, data primer yang dibutuhkan adalah volume kendaraan, kecepatan, hambatan samping dan geometrik jalan, sementara untuk data sekunder data yang di butuhkan adalah peta lokasi, Qanun nomor 1 tahun 2014 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RT/RW) Kota Lhokseumawe. Dari pengumpulan dan pengolahan data diperoleh volume lalu lintas tertinggi pada hari senin tanggal 10 september 2018 pada pukul 17.30 – 18.30 wib, yaitu 1961 smp/jam, derajat kejenuhan 0,92, kecepatan rata-rata kendaraan 19,42 km/jam dan hambatan samping di semua hari pengamatan adalah sangat tinggi (Very High). Apabila derajat kejenuhan melampaui 0,9menurut Permen PU No. 19 tahun 2011 dan kecepatan dibawah 20 km/jam dalam permen No. 34 tahun 2006 untuk jalan lokal maka jalan tersebut memiliki masalah. Setelah dilakukan dua skenario analisis, maka skenario terbaik yaitu dengan pelarangan parkir kendaraan ringan (LV) di satu sisi badan jalan dan memindahkan parkir sepeda motor (MC) ke jalan pemisah antar pertokoan disepanjang jalan tersebut, sehingga terjadi penurunan DS menjadi 0,57 dan peningkatan kecepatan menjadi 31,34 km/jam. Kata Kunci : Parkir, Tingkat pelayanan Jalan Suka Ramai Kota Lhokseumawe

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MANUVER PARKIR KENDARAAN PADA BADAN JALAN TERHADAP KINERJA LALU LINTAS (STUDI KASUS JALAN T. PANGLIMA NYAK MAKAM LAMPINEUNG KOTA BANDA ACEH) (ardilla ulfah, 2013)

ANALISIS KEBUTUHAN RUANG PARKIR DI KAWASAN TAMAN SARI KOTA BANDA ACEH (Nur Wahida, 2018)

EVALUASI KELAYAKAN POLA PARKIR TERHADAP KINERJA JALAN PANGLIMA NYAK MAKAM KOTA BANDA ACEH (Maisa Ariani, 2015)

PENGARUH MANUVER KENDARAAN PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP PENURUNAN KAPASITAS DAN KARAKTERISTIK LALU LINTAS JALAN TEUKU UMAR KOTA BANDA ACEH (YUSMADI, 2019)

ANALISIS PENGARUH AKTIVITAS PARKIR PADA KAWASAN PASAR PEUNAYONG TERHADAP TINGKAT PELAYANAN JALAN W.R. SUPRATMAN KOTA BANDA ACEH (Riza Ofansha, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy