//

HUBUNGAN BERAT BAYI LAHIR RENDAH DENGAN GANGGUAN PENDENGARAN PADA ANAK MENGGUNAKAN HASIL PEMERIKSAAN BRAINSTEM EVOKED RESPONSE AUDIOMETRY DI POLIKLINIK THT-KL RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rauzatil Aula Kasturi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR) adalah bayi dengan berat lahir kurang dari 2500 gram tanpa memandang usia gestasi, berat bayi tersebut merupakan berat bayi yang ditimbang dalam 1 jam setelah lahir. Bayi BBLR berisiko mengalami peningkatan gangguan pendengaran sensorineural. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah BBLR berpengaruh terhadap gangguan fungsi pendengaran di Poliklinik THT-KL RSUDZA Banda Aceh dengan menggunakan pemeriksaan BERA (Brainstem Evoked Response Audiometry). Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasional dengan pendekatan cross sectional dimana peneliti menggunakan hasil rekam medis anak usia ≤ 5 tahun yang melakukan pemeriksaan BERA dengan subjek penelitian sebanyak 63 subjek yang memenuhi kriteria dengan metode total sampling di Poliklinik THT-KL RSUDZA Banda Aceh selama Januari sampai November 2018. Data dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan uji analisis spearmen rank pada program SPSS 25 menunjukkan p=0,016 (p < 0,05) dengan arah korelasi positif dan koefisien korelasi 0,301. Kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan yang cukup antara BBLR dengan gangguan pendengaran pada anak di Poliklinik THT-KL RSUDZA Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN FAKTOR RISIKO IBU DAN BAYI TERHADAP BAYI BERAT BADAN LAHIR RENDAH DI RUANG NEONATAL INTENSIVE CARE UNIT (NICU)RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH JANUARI-JUNI 2014 (Ainul Riza, 2015)

GAMBARAN PENYEBAB GANGGUAN PENDENGARAN DI POLI THT-KL RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Wendra Saputra, 2014)

HUBUNGAN PRIMIGRAVIDA USIA MUDA DENGAN INSIDENSI BAYI BERAT LAHIR RENDAH DI RSIA BANDA ACEH (Achcia Thema Maliny, 2014)

HUBUNGAN PRIMIGRAVIDA USIA MUDA DENGAN INSIDENSI BAYI BERAT LAHIR RENDAH DI RSIA BANDA ACEH (Achcia Thema Maliny, 2016)

HUBUNGAN JUMLAH PEMERIKSAAN ANTENATAL CARE DENGAN KEJADIAN BERAT BAYI LAHIR RENDAH PADA BAYI ATERM DI RSUDZA BANDA ACEH (Ery Saputra, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy